BMH Wujudkan 30 Tahun Penantian Hewan Qurban Warga Tanah Merah

BINTAN (Hidayatullah.or.id) — Pada hari pertama, Ahad, 10 Dzulhijjah 1443/ 10 Juli 2022, pemotongan hewan qurban Ekspedisi Qurban Tanpa Batas BMH Kepri digelar di Kampung Tanah Merah, Desa Penagah, Teluk Bintan, Kabupaten Bintan. Gema takbir dari warga yang berbondong-bondong hadir mengiringi prosesi pemotongan dua ekor sapi qurban.

Menurut General Manager BMH Kepri, Abdul Aziz, meski tahun ini agak terganggu dengan penyebaran virus penyakit mulut dan kuku (PMK).

Namun, Alhamdulillah, kata dia, BMH Kepri tetap dapat menjalankan program Ekspedisi Qurban Tanpa Batas untuk saudara-saudara sesama muslim yang berhak menerima.

“Kami sangat berbahagia dan semangat menjadi perantara kebaikan ini karena sambutan masyarakat yang sangat antusias, karena memang sudah lama merindukan pemotongan hewan qurban di kampung mereka,” katanya.

Kampung Tanah Merah, desa Penagah dihuni sekitar 150 KK, yang terbagi beberapa dusun dan kampung. Mayoritas warganya berprofesi sebagai nelayan kecil, beberapa ibu-ibu bekerja sebagai kuli ketam tetapi sejak perusahaan tutup mereka tak lagi memiliki tambahan penghasilan.

“Alhamdulillah, kami sangat bahagia dan berterima kasih, karena saya sudah 30 tahun di sini belum pernah ada pemotongan di mushollah Al Mukmin ini,” tutur ibu Rubiah (64 tahun) penuh haru.

Pada tahun ini, BMH Kepri menyalurkan 10 ekor sapi ke para muallaf dan kalangan dhuafaa. Selain dua titik di Bintan yaitu di Kecamatan Teluk Bintan dan kecamatan Toapaya, Ekspedisi Qurban Tanpa Batas juga akan melakukan penyaluran ke kabupaten Karimun.*/Mujahid M. Salbu