Tim Ekspedisi Qurban tanpa Batas BMH Tiba di Somaliland Afrika

HARGEISA (Hidayatullah.or.id) — Tim Ekspedisi Qurban Tanpa Batas Laznas BMH telah tiba di Bandar Udara Internasional Aden Adde, Somaliland, waktu setempat, Ahad, 11 Dzulhijjah 1443 (10/7/2022).

Direktur Program dan Pemberdayaan BMH Pusat, Zainal Abidin, melaporkan ia dan rombongan sudah tiba negara pecahan Somalia dalam rangka ekespedisi tebar hewan qurban BMH.

Tim yang dilepas dari Jakarta pada Kamis, (7//7/2022) ini tiba di negara bekas wilayah Britania Raya yang terletak di bagian barat laut Somalia di Tanduk Afrika itu disambut hangat oleh warga lokal setempat. Mereka adalah para penduduk miskin yang mendiami sebuah kawasan tandus di salah satu bagian negara itu.

Perjalanan ke Afrika itu memakan waktu total kurang lebih 31 jam. Adapun yang ditempuh adalah dari Jakarta menuju Bangkok. Kemudian lanjut dari Bangkok ke Addis Ababa pada pukul 06.30 esok hari, kemudian melanjutkan perjalanan ke Aden Adde di Somalia.

Zainal menambahkan bahwa negara tujuan qurban BMH di Afrika ada beberapa, seperti Kenya, Tanzania, Uganda, dan juga Somalia.

“Selain penyaluran qurban, juga ada agenda peresmian masjid, kemudian penyerahan bantuan kemanusiaan seperti air bersih, sanitasi, makanan dan lainnya,” kata Zainal.

Tim BMH merekam kondisi rumah para penerima manfaat Qurban Tanpa Batas 1443 H di Somaliland, Afrika. Kondisi rumah mereka hanya terbuat dari bahan seadanya seperti kain-kain bekas dan seng bekas yang menyangga agar rumah mereka tetap berdiri.

Sekitar 2.000 kepala keluarga yang tinggal disini. Cuaca di sekitar pemukiman warga kali ini begitu dingin. Dengan kondisi mereka yang hanya berlindung di bawah rumah yang terbuat dari kain bekas. Bisa dibayangkan bagaimana dinginnya jika malam hari tiba.

“Alhamdulillah juga kali ini BMH dapat mendistribusikan hewan Qurban berupa kambing dan sapi yang sehat untuk mereka. Hewan Qurban kalian InsyaAllah betul-betul sangat dirasakan kebahagiaannya oleh saudara muslim kita di sini,” kata Zainal.

Dia menambahkan, BMH mengucapkan terimakasih untuk para donatur telah mempercayakan BMH sebagai lembaga yang dipilih untuk melaksanakan ibadah Qurban. Semoga Allah SWT membalas kebaikannya para donatur dengan keberkahan ibadah dan kebaikan berlipat.*/Ain