Penuh Khidmat, BMH Rayakan HUT RI ke 77 Bersama Suku Togutil

HALMAHERA (Hidayatullah.or.id) — Laznas BMH juga melangsungkan perayaan HUT RI ke 77 bersama suku terasing di pedalaman Halmahera, Maluku Utara, bersama Suku Togutil, Rabu, 19 Muharram 1444 (17/8/2022).

“Alhamdulillah, memeriahkan HUT RI ke 77 BMH juga menggelar upacara peringatan HUT RI ke 77 bersama Suku Togutil di Desa Woda, Kecamatan Oba, Kabupaten Tidore Kepulauan. Upacara dikomandani langsung oleh perangkat desa setempat,” terang Kepala Divisi Program dan Pemberdayaan BMH Perwakilan Maluku Utara, Dzul Ikram.

Gelaran itu terselenggara atas kolaborasi BMH bersama Mahasiswa Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) Universitas Khairun (Unkhair).

Salah satu mahasiswa Unkhair Kak Ivan (25) mengaku bangga bisa hadir dalam even ini.

“Sangat bangga dengan kegiatan ini. Berbeda dengan yang lain, upacara bersama suku pedalaman ini memberi warna kebangsaan tersendiri, selain ini juga hal yang baru bagi saya dalam kehidupan saya,” ungkapnya.

Sejak lima tahun terakhir, peringatan HUT RI ke 77 ini berhasil menarik hati masyarakat Suku Togutil.

“Biasanya sebelum ini masyarakat yang ikut dari suku tidak begitu banyak. Sekarang ada 51 orang ditambah 73 masyarakat Desa Woda,” imbuh Dzul Ikram.

Selain upacara, BMH juga menyediakan beragam perlombaan untuk mengenalkan interaksi sosial yang lebih intens sekaligus menyelipkan pesan-pesan kebangsaan untuk suku pedalaman ini.

“Lomba yang digelar seperti tarik tambang, panjat pinang, dan lempar tombak, dengan penilaian terbaik adalah yang terjauh,” urai dai tangguh BMH di lokasi, Ustadz Nur Hadi.

Menuju ke Desa Woda ini tim BMH melakukan perjalanan selama 4 jam dari Ternate dengan menggunakan jalur laut dan darat. Setelah tiba di titik terdekat lokasi, tim harus rela berjalan kaki selama 2 jam guna memanggil para suku agar dapat mengikuti upacara HUT RI ke 77 di Desa Woda.

“Selain itu BMH juga hadirkan program “Muharram Bangkit” untuk berikan kebahagiaan kepada anak-anak Suku Togutil.*/Herim