Kirim Bantuan, BMH – SAR Hidayatullah Tembus Lokasi Terdampak Gempa Cianjur

CIANJUR (Hidayatullah.or.id) — Tim Laznas BMH-SAR Hidayatullah dan Islamic Medical Service (IMS) akhirnya berhasil menembus daerah terdampak gempa Cianjur, Jawa Barat. Sebelumnya, tim relawan telah meninggalkan Depok pukul 17.30. Namun hingga menjelang pergantian hari alias pukul 23.29 WIB (21/11/2022), tim baru bisa tembus Kota Cianjur.

“Beberapa titik dalam perjalanan terkena longsor yang memerlukan waktu cukup lama penanganan, meski telah dikerahkan alat berat untuk memfungsikan kembali jalan secara normal. Satu titik longsor bahkan menutup jalan sampai 300 meter,” terang Korlap SAR Hidayatullah Pusat, Tafdhilul Umam, dari lokasi.

Artinya hingga sekarang tim masih berada di titik jalan utama menuju lokasi, belum benar-benar tiba ke lokasi terdampak gempa itu sendiri.

Hingga berita ini diturunkan, Tim Laznas BMH-SAR Hidayatullah masih berada di Masjid Al-Umm untuk istirahat persiapan shalat shubuh untuk selanjutnya melanjutkan perjalanan.

“Kami di Masjid Al-Umm di Kampung gunung Lanjung, Desa Cijedil, Cianjur, tidak terlalu jauh dari Jalan Raya Cipanas,” imbuh Tafdhil.

Tim Laznas BMH-SAR Hidayatullah dari Bandung juga telah berada di Kota Cianjur. Namun perjalanan masih butuh kesabaran, mengingat titik longsor dikabarkan cukup banyak.

“Mohon doanya tim dapat tembus ke lokasi agar amanah kebaikan para donatur dan muzakki dapat segera kami tunaikan,” ungkap Korlap SAR Hidayatullah Jawa Barat, Suhendar.

Tim simpul sinergi Hidayatullah Peduli ini melakukan asesmen lokasi dan sekaligus mengantarkan bantuan logistik awal yang mendesak dibutuhkan bagi korban terdampak gempa.

Pendirian posko masih dikoordinasikan dengan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPT) dan Basarnas. Suhendar menambahkan, tim akan bertahan sampai diumumkan selesainya tanggap darurat oleh otoritas terkait.*/Herim