Jamwil Pandu Putri Hidayatullah Jawa Tengah Bangun Wasbang

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.

KUDUS (Hidayatullah.or.id) — Ratusan siswa SD, SMP, SMA perwakilan lembaga pendidikan Hidayatullah se-Jawa Tengah mengikuti Jambore Wilayah (Jamwil) Pandu Putri Hidayatullah se-Jawa Tengah, Pada kesempatan tersebut mereka mendapatkan pendidikan materi keislaman dan wawasan kebangsaan (wasbang).

Kegiatan tahunan yang digelar pada Jumat – Ahad, 25 s/d 27 Januari 2019 oleh Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Depdikdasmen) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jawa Tengah (Jateng) ini berjalan sukses.

Acara berlokasi di Bumi Perkemahan Taman Sardi, Desa Kajar, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus. Sebuah area perkemahan seluas 2,5 Ha di lereng Gunung Muria. Jaraknya kurang lebih 13 km arah utara dari pusat kota Kudus.

Kegiatan ini diikuti oleh 234 peserta dari sekolah Hidayatullah Jateng, mulai tingkatan Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP), hingga Sekolah Menengah Atas (SMA) dan sederajat. Peserta berasal dari hampir seluruh wilayah di Propinsi Jawa Tengah, mulai dari Semarang, Kudus, Purwodadi, Salatiga, Batang, Kendal, hingga Tegal.

Jamwil Pandu Putri Hidayatullah 2019 ini dibuka oleh Kepala Pengkaderan DPW Hidayatullah Jateng Ust. Rahmat Abdulah. Dalam sambutannya, beliau mengatakan Gerakan Pandu Hidayatullah (GPH) merupakan wadah pembinaan wawasan kebangsaan dan keindonesiaan dalam rangka membangun budaya disiplin, merawat semangat patriotisme serta menyiapkan generasi Islam penerus risalah kenabian.

“Gerakan Pandu Hidayatullah bertujuan membentuk pribadi muslim dan muslimah yang berkepribadian mulia, beraqidah lurus, dan berakhlaq Qur’an,”, tegas beliau

Ketua panitia kegiatan, Robi Muhtadi, mengatakan antusiasme peserta Jamwil sungguh luar biasa. Seluruh peserta mengikuti semua rangkaian kegiatan dengan penuh kegembiraan. Meskipun hujan terus mengguyur selama kegiatan berlangsung, hal itu tak menyurutkan semangat peserta.

“Cuaca tidak menjadi peghalang bagi peserta dan panitia untuk mensukseskan kegiatan ini. Semoga di penyelenggaraan tahun depan, kegiatan semacam ini bisa dikemas lebih menarik dengan jumlah peserta yang lebih banyak,” harapnya.

Salah satu peserta dari SD Integral Hidayatullah Batang, Arfadhia Almeera, mengaku bangga dan senang bisa mewakili sekolahnya mengikuti kegiatan ini. Almeera telah menyiapkan diri berlatih bersama fi’ah (grup) nya selama satu bulan penuh. Dan Alhamdulillah, fiahnya berhasil meraih juara 1 dalam perlombaan baris berbaris.

“Senang sekali mengikuti kegiatan ini, bisa silaturrahim dan bertemu teman baru. Dan juga bangga bisa menjadi juara 1 lomba baris berbaris” ujarnya.

Kegiatan Jamwil Pandu Hidayatullah Putri Jawa Tengah ini diisi dengan berbagai macam perlombaan kegiatan baik yang jasadiyah (outdoor) maupun tsaqofiyah (pengetahuan). Perlombaan jasadiyah diantaranya lomba memanah, semaphore, pioneering, yel yel, baris-berbaris tongkat, dan menghias kue. Sementara kegiatan Tsaqofiyah diisi dengan perlombaan tahsin, tahfidz, ranking 1, dan pentas seni.

Di akhir kegiatan, juara umum diraih oleh MTs-MA Al-Burhan Semarang. Selamat kepada seluruh pemenang dan semua peserta Jamwil 2019. Kalian adalah generasi Tauhid, generasi para juara. */Cakrud

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.