Hidayatullah Luwu Utara Salurkan Bantuan Secara Efektif

MASAMBA (Hidayatullah.or.id) — Bencana banjir yang menimpa sebagian besar warga kecamatan Sabbang, Baebunta, Baebunta Selatan, Masamba dan kecamatan Malangke dalam kabupaten Luwu Utara 13 Juli silam masih terus menyisakan duka oleh lebih 1500 korban dan terdampak .

Sejak esoknya harinya, karena kejadian di malam hari, bantuan langsung mengalir dari semua elemen masyarakat mulai dari perorangan, komunitas sepeda motor besar, skuter matik hingga kerukunan keluarga di provinsi tetangga, Sulawesi Barat dan Sulawesi Tenggara.

Semuanya langsung berinteraksi dan berbagi bantuan dengan para korban di pengungsian yang dapat dijangkau oleh masyarakat umum seperti yang terbanyak di pengungsian desa Meli karena mendapat informasi dari sosial media.

Ustadz Ilham Syawal, S.H.I ketua DPD Hidayatullah kabupaten Luwu Utara yang juga diamanahi sebagai kordinator Tanggap Aksi Sosial Perencanaan (TASK) menyebutkan ada juga korban bencana banjir yang memilih mengungsi di rumah rumah keluarga di luar wilayah tersebut.

Misalnya ada yang mengungsi di rumah sepupu di kecamatan Sabbang atau memilih berkumpul di rumah keluarga yang berdomisili di Luwu Timur.

“Sehingga kami DPD Hidayatullah Luwu Utara sejak ditutupnya masa tanggap darurat memilih langsung mengantarkan bantuan ke pengungsi yang rumah rumah keluarga seperti tersebut atas” ungkap Syawal.

Lanjutnya, ketika dikonfirmasi menyebutkan rata rata korban yang mengungsi di rumah keluarga tidak diketahui oleh masyarakat umum lantaran tidak ada tanda tanda kalau di rumah tersebut ada pengungsi semisal tulisan atau terpasangnya tenda.

“Kami sudah nyaman di (rumah keluarga) sini saja karena di tenda pengungsian semua kebutuhan serba terbatas” alasan salah satu korban asal desa Meli yang tinggal di rumah keluarganya di Sabbang.

Melihat kondisi kurang tersentuhnya bantuan sebagaimana pengungsi di tenda tenda umumnya itulah pengurus Hidayatullah Luwu Utara memilih penyaluran bantuan langsung ditujukan ke korban secara efektif.

Seraya berharap pemerintah setempat dapat memfokuskan pemulihan kesejahteraan korban*Bashori

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.