Dikdasmen Hidayatullah Dorong Pemajuan Pendidikan di NTT

KUPANG (Hidayatullah.or.id) — Sebagian bagian dari gerakan utama (mainstream), Hidayatullah mendorong pemajuan pendidikan di Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT).

Ikhtiar tersebut ditandai salah satunya dengan kunjungan dan silaturrahim Ketua Departemen Pendidikan Dasar dan Menengah (Dikdasmen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Ust Nanang Noer Patria, M.Pd, beberapa waktu lalu.

Anjangsana Kadepdikdasmen ke Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Kupang itu dalam rangka melihat dari dekat proses pendidikan yang ada di kawasan berjuluk Negeri Seribu Bukit ini.

Momentum singkat ini sekaligus dimanfaatkan Nanang untuk memberikan arahan dalam upaya rekonstruksi pendidikan integral di Hidayatullah Kupang dan NTT secara luas melalui upgrading penyelenggara pendidikan, apalagi dengan status Hidayatullah Kupang yang termasuk dalam kategori Kampus Madya.

Ponpes Hidayatullah Kupang saat ini telah mempunyai tingkat pendidikan mulai Mts dan MA. Dalam rangka untuk standarisasi PIBT (Pendidikan Integral Berbasis Tauhid) Nanang menjadi pembicara dalam pertemuan bersama dengan civitas pendidikan di Kupang dan NTT agar mampu menyamakan perpsepsi pendidikan dan standar pendidikan yang telah ditentukan oleh Depdikdasmen.

Dalam kesempatan ini Nanang menyampaikan program program penting Depdikdasmen maupun arah kebijakan organisasi dan juga kiat kiat membuat pendidikan ideologis yang tetap laris diminati.

Ketua Departemen Pendidikan DPW Hidayatullah NTT Ust Anwar menyambut antusias kegiatan yang digelarnya tersebut dan berharap momentum istimewa ini kian menguatkan peran pembangunan Hidayatullah di kawasan itu terutama dalam memajukan sumber daya insani melalui pendidikan.

“Alhamdulillah dengan kedatangan beliau selaku ketua Depdikdemen DPP Hidayatullah, sangat bermanfaat bagi kami yang ada di daerah Khususnya di wilayah Kupang NTT”, ujar Anwar.

Menurut Anwar, pendidikan Hidayatullah di Kupang dan NTT masih perlu banyak pendampingan dan arahan dari Departemen Pendidikan Pusat maupaun dari Departemen Kepesantrenan agar bisa lebih cepat berkembang dan bisa mencapai “standar” pendidikan seperti kampus kampus Hidayatullah di luar NTT.

Dia berharap semoga dengan kunjungan dan upgrading revitalisasi pendidikan ini semakin memacu ghirah kawan kawan yang ada di Kupang dan Provinsi NTT secara umum untuk memajukan pendidikan sehingga kontribusi riil untuk masyarakat di kawasan itu semakin besar.

“Terima kasih kami sampaikan selaku Depdikdasmen DPW dan para asatid yang ada di Kupang terutama di kampus madya ini sangat inginkan perubahan dan siap untuk berubah demi terwujudnya suatu tatanan kehidupan manusia yang beradab dan berakhlaqul karimah” tutup Anwar memungkasi.*/Fatihul Haq