Vaksinasi Massal Santri di Ponpes Hidayatullah se-Balikpapan

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) — Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak menjadi tuan rumah penyelengaraan vaksinasi untuk sedikitnya 2.500 santri se-Balikpapan yang digelar pada Selasa (31/08/2021).

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo menghadiri kegiatan vaksinasi massal untuk santri (pelajar) yang digelar di sejumlah pondok pesantren se-Indonesia, termasuk Ponpes Hidayatullah di Balikpapan. Jokowi hadir menyapa para pengurus pondok pesantren yang mengikuti acara tersebut lewat teleconference.

Di antara lokasi acara vaksinasi massal untuk santri itu digelar di Kampus Induk Hidayatullah, Gunung Tembak, Kota Balikpapan, Kalimantan Timur. Ponpes Hidayatullah sekaligus menjadi tuan rumah vaksinasi massal yang diikuti ribuan santri dari berbagai ponpes se-Kota Balikpapan.

“(Vaksinasi) ini dikhususkan para santri di pondok-pondok pesantren,” ujar Jokowi.

Ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Ummul Qura Balikpapan Hamzah Akbar menyampaikan ucapan terima kasih kepada pihak pemerintah, dalam hal ini Badan Intelijen Negara (BIN) Daerah Kalimantan Timur yang telah menunjuk Hidayatullah Balikpapan sebagai tuan rumah vaksinasi santri se-Balikpapan.

“Tentu saja kita menyampaikan tadi Pak Presiden menyapa kita semua termasuk kita di Hidayatullah menyampaikan ucapan terima kasih,” ujar sang ustadz kepada para wartawan di Gunung Tembak, Selasa siang, didampingi Kepala BIN Daerah Kaltim Brigjen Danni Koswara pada acara yang digelar dengan protokol kesehatan yang ketat itu.

Ustadz yang juga Anggota Dewan Pertimbangan MUI Kota Balikpapan ini berharap, dengan dilakukannya vaksinasi tersebut, bisa membentuk herd immunity, sehingga kegiatan belajar dan ibadah di pesantren bisa kembali normal.

Sementara itu, Danni Koswara menjelaskan, sebanyak 2.500 dosis vaksin disiapkan pihaknya untuk para santri. Dalam kegiatan vaksinasi santri pihak BIN Daerah Kaltim bekerja sama dengan Pondok Pesantren Hidayatullah.

“Selain santri Hidayatullah, vaksinasi juga diikuti santri dari pesantren lain dari Balikpapan,” ujarnya kepada wartawan.

Dalam acara tersebut secara virtual Presiden Jokowi antara lain menanyakan ke sejumlah ponpes tentang berapa jumlah santri yang divaksin. Presiden juga berpesan terkait pelaksanaan protokol kesehatan di ponpes.

Sementara perwakilan ponpes yang berdialog dengan presiden berharap agar jumlah dosis vaksin untuk para santri ditingkatkan. Tujuannya antara lain agar santri segera bisa melakukan kegiatan pendidikan tatap muka.*/Skr