Sinergi Bersama Kuatkan Dakwah di Bintan

BINTAN (Hidayatullah.or.id) — Setelah bulan lalu menuntaskan pembangunan rumah untuk dai di kampus Hidayatullah Tanjung Uncang, Batam, kebaikan tanpa batas BMH Kepri kembali berderap di pulau Bintan berupa pembangunan fasilitas hunian rumah dai tangguh untuk ustadz Rahman Johan serta rumah tamu (guest house) di kampus Madya Hidayatullah Bintan.

Sosok perintis Hidayatullah Bintan yang mulai sepuh itu telah berkiprah di jalan dakwah dan tarbiyah sejak tahun 1988 di Hidayatullah, Toli-Toli, Sulteng, setelah itu bertugas ke Hidayatullah Manado, Sulut, lalu bergeser lagi ke Batam, Kepri dan pada 2006 bertugas ke Bintan. Termasuk petugas awal di Batam dan Hidayatullah Bintan.

Pengadaan rumah dai kali ini merupakan unit yang ke 10 yang difasilitasi oleh BMH Kepri, baik hunian berupa pembangunan rumah maupun kontrakan. Termasuk di antaranya rumah da’i tangguh di kampung muallaf pulau Caros untuk kelangsungan pembinaan muallaf.

BMH Kepri memiliki komitmen kuat memberikan perhatian kepada para da’i di kawasan Kepri, untuk memudahkan menjalankan misi dakwah dan tarbiyah, termasuk hari ini, Selasa, 7 Safar 1443 (14/9/2021) BMH Kepri kembali mengadakan peletakan batu pertama menandai dimulainya pembangunan kediaman ustadz Rahman Johan.

“Program dai tangguh merupakan salah satu bagian dari gerakan mainstrem BMH dan berkat dukungan bapak dan ibu semua, BMH Kepri dapat memberikan layanan rumah layak huni kepada para dai, karena para dai adalah sosok yang telah mewakafkan hidupnya untuk syiar Islam, BMH hadir untuk memberikan solusi tempat tinggal yang layak dan nyaman agar dapat terus mengembangkan gerakan dakwah,” tutur Abdul Aziz, ketua perwakilan BMH Kepri.

Selain membangun rumah layak huni untuk dai, BMH Kepri juga memberikan bantuan berupa pembangunan satu unit guest house (rumah tamu) di Hidayatullah Bintan.

Menurut Ust Humeydi, pimpinan Hidayatullah Bintan, rumah untuk tamu yang ada saat ini kondisinya tidak layak, sementara tamu bergantian datang baik dari DPP, DPW, maupun orang tua siswa.

“Alhamdulillah, BMH Kepri berkenan memberikan bantuan dua bangunan selain rumah untuk sesepuh Hidayatullah di Kepri juga rumah tamu, kami atas nama keluarga besar Hidayatullah Bintang mengucapkan jazaakumullah khairan jazaa kepada BMH Kepri dan para donatur,” kata ustadz muda yang dikenal luas di Bintan ini.

Sebelumnya BMH Kepri telah memberikan bantuan berupa sumur bor, depot air, bantuan logistik dan hewan qurban setiap tahun untuk Hidayatullah Bintan.

Pada peletakan batu pertama, hadir juga ketua DPW Hidayatullah Kepri, Darmansyah dan jajaran pengurus sebagai pembina amal usaha kampus Madya Hidayatullah Bintan, ketua DPD Hidayatullah Bintan dan Tanjung Pinang dan PD Mushida Bintan dirangkaian agenda peletakan batu pertama pembangunan rumah dai, peresmian penggunaan gazebo bantuan keluarga H Ambo Elleng, penggunaan paving block dan peresmian asrama santri serta pemasangan plang hibah tanah dari BMH Kepri seluas 3 hektar kepada Hidayatullah Bintan.

Dalam sambutannya, Darmansyah, memberikan apresiasi atas perjuangan dakwah para dai di Bintan, diharapakan dari tempat ini akan lahir kader-kader pewaris perjuangan kuncinya senantiasa serius dalam menuntut ilmu di pondok pesantren dan DPW Hidayatullah Kepri siap untuk terus mengawal pelaksanaan program dakwah dan tarbiyah. Darmansyah juga memberi apresiasi atas dukungan BMH Kepri selama ini.

“Alhamdulillah BMH Kepri senantias memberikan dukungan untuk kemajuan dakwah dan tarbiyah di kawasan Kepri, semoga sinergi antara organisasi dan BMH terus bisa berlanjut sehingga program-program baik sosial, pendidikan dan dakwah dapat berkesinambungan,” imbuh Darmansyah penuh semangat.*/Mujahid M. Salbu