Air Bersih Terintegrasi Ponpes Tahfidz Ummul Qura Tompobulu

MAROS (Hidayatullah.or.id) — Yayasan Al Bayan meluncurkan program Penyediaan Air Bersih Terintegrasi di Pesantren Tahfizh Ummul Qura Hidayatullah Tompobulu, Maros, Senin, 13 Safar 1443 (20/9/2021).

Program tersebut melengkapi fasilitas dasar dari blok plan ponpes yang membina 100 santri penghafal Quran itu.

Blok plan ponpes Tahfizh putra Hidayatullah seluas 16 hektar itu oleh konsultan Ar Muaz Yahya didesain dengan pembagian kawasan pesantren, pemukiman, dan agrowisata.

“Penyediaan sarana air bersih ini tentunya untuk mendukung tekad kami melahirkan para penghafal dn berpemahaman quran yang berkualitas,” jelas Ketua Yayasan Al Bayan Ust Suwito Fatah MM.

Maksud kata “terintegrasi” dari program penyediaan air bersih itu, rincinya, karena pemanfaatan air bersih yang akan dihasilkan dari pengeboran sedalam 160 meter tersebut bukan saja untuk pesantren tapi juga untuk warga sekitar pesantren di Dusun Arra.

Pengeboran didukung sepenuhnya oleh donasi ummat melalui Baitul Mal Hidayatullah (BMH) Sulsel dan Kitabisa.com.

“Sejak pembebasan lahan, penyediaan rumah bagi pembina santri, BMH sudah terlibat dan hari ini untuk program penyedian air bersih,” jelas Kepala Perwakilan BMH Sulsel Kadir MM.

Hadir pada kesempatan itu wakil Pemkab Maros dan aparat setempat. Juga Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ust Drs Nasri Buhari MPd, Ketua Dewan Murabi Wilayah Hidayatullah Sulsel Ust Abd Majid MA. Serta Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Ust Ahkam Sumadiyana MA.

Ketua Dewan Pembina Yayasan Al Bayan Hidayatullah Makassar Ust Dr H Abd Aziz Qahhar Mudzakkar MSi berharap dengan program ini menjadi hal yang melengkapi infrastruktur pesantren tahfizh Ummul Qura dalam rencana menjadi bagian pengembangan wisata spiritual dn agrowisata di kawasan wisata Tompobulu.

“Semoga kedepannya ada sinergi terbangun bersama Pemkab Maros bagi pengembangan agro dan penghijauan,” ujar senator Sulsel tiga periode itu yang hadir bersama istri Ustazah Dr Hj Sabriati MPdi, meluncurkan program tersebut.*/Firman Lafiri