Peluncuran Program 1000 Rumah Quran di Yogyakarta

YOGYAKARTA (Hidayatullah.or.id) – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Daerah Istimewa Yogyakarta meluncurkan program 1000 Rumah Quran Hidayatullah (RQH) yang diresmikan di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Yogyakarta, Ahad, 17 Rabiul Awal 1443 (24/10/21).

Peluncuran program ini merupakan rangkaian acara Rapat Koordinasi Dakwah DPW Hidayatullah DIY & Jatengbagsel yang turut didukung Lembaga Amil Zakat Nasional (Laznas) Baitul Maal Hidayatullah (BMH).

Mahmud Thorif selaku ketua panitia acara tersebut mengatakan setelah acara diharapkan para peserta bisa lebih optimal dalam mengelola RQH di wilayah masing-masing.

“Target dari acara ini diharapkan dapat menyamakan persepsi tentang program kerja yang sudah disepakati bersama, dan tidak kalah penting para peserta bisa mengaplikasikan apa yang sudah didapatkan,” kata Thorif.

RQH sendiri adalah sistem pendidikan keagamaan non formal yang dikembangkan bekerja sama dengan mitra-mitra program.

Kepada Divisi Program BMH Yogyakarta, Syai’in Kodir, mengemukakan, selain launching RQH pada acara tersebut juga dilakukan pembinaan dan pelatihan pengelolaan RQH.

“Rangkaian acara yang dilaksanakan fokus kepada pembinaan dan pelatihan manajeman pengelolaan RQH, sekalian secara simbolis dibuka peresmian keberadaan 1000 RQH yang ada di wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah,” ungkapnya.

Ia mengatakan dalam pelatihan pengelolaan tersebut menghadirkan tiga narasumber dari DPP Hidayatullah yang selama ini fokus membina dan mengawasi berjalannya RQH di seluruh nusantara yaitu Ust Nursyamsa Hadits, Ust Shohibul Anwar, dan Us Iwan Abdullah. Hadir pula Ketua Departemen Kepesantrenan DPP Hidayatullah KH Muhammad Syakir Syafii.*/herim