Riang Gembira Pembelajaran Tatap Muka Perdana SD Integral Hidayatullah Depok

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — SD Integral Hidayatullah Depok mulai melakukan kegiatan belajar mengajar (KBM) secara sekemuka atau offline yang dimulai hari ini ditandai dengan Apel Pengibaran Bendera Merah Putih di halaman sekolah dan diikuti dengan riang gembira para murid, Senin, 8 Jumadil Akhir 1443 (10/1/2021).

Kepsek SD Integral Hidayatullah Depok, Ustadz Triyono, SE, M.Pd, yang langsung membersamai anak didiknya selaku Pemimpin Upacara, hadir menyapa dengan hangat anak-anaknya setelah kurang lebih 2 tahun tak bersua dalam suasana serupa apel hari ini.

Selain menyapa, Kepsek juga berpesan kepada anak-anaknya untuk selalu menjaga kebersihan, peduli terhadap kesehatan, memperhatikan ibadah dan kegiatan belajar di sekolah maupun di rumah serta tidak lupa selalu bersyukur.

“Kita harus selalu bersyukur dengan memanfaatkan kesempatan baik ini untuk belajar dengan sungguh sungguh,” kata Ustadz Triyono.

Tidak lupa, Ustadz Triyono juga berpesan kepada anak-anaknya untuk tetap memperhatikan protokol kesehatan apalagi saat ini muncul lagi varian pandemi baru bernama omicron.

Oleh karena itu, ia mendorong anak-anaknya untuk tetap merutinkan cuci tangan, pakai masker, menjaga jarak, menjauhi kerumunan, dan mengurangi mobilitas.

“Anak anak semua harus tetap selalu menjaga kesehatan dengan menerapkan protokol kesehatan dalam rangka menekan pandemi,” katanya.

Apel yang digelar di halaman SD Integral Hidayatullah Depok ini dirasa sangat istimewa lantaran menjadi hari pertama masuk sekolah di Tahun 2022. Anak anak tampak girang dan riang gembira.

“Setelah hampir dua tahun kegiatan apel offline ditiadakan karena pandemi, Alhamdulillah atas izin Allah dapat dilakasanakan kembali tentunya dengan penerapan protokol yang telah ditetapkan,” kata Ustadz Triyono.

Apel luring perdana ini dihadiri seluruh warga sekolah dengan harapan meningkatkan semangat belajar dan meningkatkan rasa syukur atas nikamat yang Allah berikan kepada kita semua, diantaranya nikmat kondisi pandemik yang semakin melandai turun sehingga diharapkan pembelajaran sekemuka dapat kembali digelar di sekolah tanpa ada hambatan.

Adapun kegiatan pekan pertama masuk sekolah ini adalah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) dan MPA (Masa Penanaman Adab). Murid dan seluruh warga sekolah kembali mereview adab adab yang ada di lingkungan sekolah, adab guru, adab murid, adab warga sekolah terhadap lingkungan hidup atau bahkan adab terhadap lingkungan sekitar seperti pada tanaman, hewan, bangunan, pohon, jalan, dan lain sebagainya.

“Harapannya, dengan penguatan MPLS dan MPA, akan tercipta suatu lingkungan belajar yang beradab yang akan membentuk akhlaqul karimah bagi murid murid dan seluruh warga sekolah,” pungkas Ustadz Triyono.

Rangaian acara apel hari ini berlangsung penuh keceriaan dengan ditingkahi sinar matahari pagi bersinar cerah yang menerpa wajah anak anak tercinta.

Dalam apel dilantunkan dengan syahdu lagu Indonesia Raya, pembacaan ikrar yang diikuti oleh seluruh murid, pembacaan Al Quran dikuti oleh seluruh murid, pembacaan hadits, menyimak taushiah Pembina Apel yang kemudian ditutup dengan doa dan pengumuman

Adapun murid yang berhalangan datang langsung ke sekolah karena sakit atau karena sesuatu dan lain hal yang tak dimungkinkan hadir secara langsung, pihak sekolah menyediakan fasilitas saluran online Zoom Meeting yang tetap menjaga kualitas dan khidmat suasana pembelajaran format hybrid ini.*/Ain