Raker Hidayatullah Polewali Mandar Kuatkan Kiprah Kebajikan

POLMAN (Hidayatullah.or.id) — Keberadaan Hidayatullah di kabupaten Polewali Mandar (Polman) harus terus dikuatkan, utamanya dalam kiprah kebajikan membangun kawasan itu dengan program dakwah dan pendidikan sebagaimana telah menjadi mainstream gerakan Hidayatullah serta semakin memaksimalkan kiprah di bidang sosial kemasyarakatan.

Demikian komitmen progresifitas kerja yang menjadi salah satu hasil rekomendasi Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Kabupaten Polman.

“Hidayatullah Polewali Mandar akan terus menguatkan kiprah kebajikannya di tengah umat pada ranah sosial, dakwah, dan pendidikan,” kata Ketua DPD Hidayatullah Polman, Taufik Malik, dalam keterangannya diterima Rabu, 24 Jumadil Akhir 1443 (26/1/2022).

Taufik mengatakan Kampus Hidayatullah Polewali Mandar selain telah selenggarakan pendidikan sebagai bagian dari khidmat keumatan, pihaknya juga melakukan pembinaan pembelajaran Al Qur’an kepada masyarakat di berbagai titik dengan menghadirkan Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH).

“RQH sudah hadir di lebih lima kecamatan Kabupaten Polewali Mandar,” imbuh Taufik seraya menambahkan bahwa program tersebut butuh sinergi dan kolaborasi dengan berbagai pihak baik internal maupun eksternal.

Di kesempatan yang sama, Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat Drs. Mardhatillah menyoroti problem kebangsaan dan keumatan dewasa ini yang menurutnya harus memicu Hidayatullah terutama di Sulbar untuk mengambil peran solutif yang konfrehensif, progresif, dan berkesinambungan.

“Kita ikut prihatin dengan masalah kekinian seperti perilaku menyimpang yang abnormal dan mudahnya merebak isu pendangkalan aqidah,” kata Mardhatillah.

Keprihatinan tersebut, menurut dia, haruslah mewujud dalam bentuk program kerja yang tertaksir, fokus, dan tetap adaptif sesuai dengan dinamika daerah setempat. Terlebih lagi, yang amat penting, adalah membangun silaturrahim dan sinergitas.

“Sinergi mutlak dilakukan dalam bingkai kebersamaan demi terwujudnya Sulawesi Barat yang maju dan bermartabat, sebagaimana motto Sulbar, ‘mellete diatonganan’ – meniti pada kebenaran,” tukas Mardhatillah.

Tak lupa Mardhatillah juga berpesan kepada peserta Rakerda DPD Hidayatullah Polman untuk terus melakukan evaluasi terutama pada penguatan sumber daya insani. Selain itu, mendorong semua penyelenggaraan program yang mengacu pada terlaksananya visi dan misi.

Sebelumnya, pada pembukaan Rakerda DPD Hidayatullah Polman, Asisten Administrasi kabupaten Polewali Mandar Muhammad Nawir, yang hadir membuka acara mewakili bupati Polman, mengapresiasi kehadiran Hidayatullah di kabupaten Polewali Mandar telah lama dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Selamat bekerja semoga Rakerda DPD Hidayatullah Polewali Mandar menghasilkan program yang bermanfaat bagi masyarakat,” kata Nawir membacakan sambutan tertulis Bupati Mandar, Andi Ibrahim Masdar.

Bupati juga mengapresiasi Hidayatullah Polewali Mandar yang selama ini telah memberikan banyak sumbangsih terhadap pembinaan masyarakat.

Di akhir sambutan tertulisnya yang dibacakan tersebut, Bupati Polman mengajak berdoa agar terbebas dari pandemi Covid 19 dan menyukseskan program vaksinasi massal sebagai ikhtiar agar Allah berkenan menghilangkan pandemi ini di Indonesia.

Pada kesempatan tersebut juga hadir mewakili kepala Kementerian Agama kabupaten Polman, Kasi Bimas Islam, Abdul Haris Nawawi, tokog agama dan tokoh masyarakat serta perwakilan pimpinan ormas Islam se-Polewali Mandar.*/Muhammad Bashori