Wasekjen DPP Hidayatullah Resmikan SSB Hidayatullah Jayapura

JAYAPURA (Hidayatullah.or.id) — Memiliki kepedulian terhadap perkembangan olahraga Tanah Air dan mempersiapkan talenta berbakat dalam sepak bola sejak usia dini, Kampus Madya Hidayatullah Holtelamp Kota Jayapura wujudkan ikhtiar tersebut dengan mendirikan Sekolah Sepak Bola (SSB) Hidayatullah.

SSB Hidayatullah Jayapura ini diresmikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) DPP Hidayatulah, Abdul Ghaffar Hadi, bertempat di Kampus Madya Hidayatullah Holtelamp, Kota Jayapura, Provinsi Papua, Jum’at, 26 Jumadil Akhir 1443 (28/1/2022).

Peluncuran SSB Hidayatullah Jayapura ini dilakukan disela-sela Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Papua.

Dalam sambutannya, Abdul Ghaffar memuji terobosan yang dilakukan Hidayatullah Jayapura dalam rangka mewadahi santri dan umumnya telenta muda di Papua dalam mengembangkan bakat mereka di bidang olahraga sepak bola.

“Saya rasa ini gagasan dan ide yang sangat baik dan mungkin yang pertama di Hidayatullah. Semoga kedepannya dapat melahirkan santri-santri yang mahir dalam mengolah si kulit bundar dan bisa tampil di kancah nasional dan internasional,” harapnya.

Ghaffar menyampaikan terima kasihnya kepada semua pihak yang telah berusaha sehingga SSB Hidayatullah Jayapura dapat menjadi wadah bagi santri-santri dalam mengembangkan bakat dan mengolah skill dalam bermain bola.

“Semoga SSB Hidayatullah Jayapura ini bisa menjadi lahan dakwah. Bukan hanya klub nasional yang kontrak tapi klub luar negeri. Bisa menjadi ajang bukti bahwa santri bisa berprestasi dalam semua bidang termasuk sepak bola,” tandas Ghaffar.

Menariknya, karena SSB Hidayatullah Jayapura ini langsung dilatih oleh ahlinya yang merupakan mantan punggawa Timnas yaitu Elie Aiboy sebagai pelatih kepala dan Oktovianus Maniani sebagai asisten pelatih.

Hidayatullah sendiri khususnya di Kampus Induk Gunung Tembak dan sejumlah cabang Hidayatullah di Kaltim seperti Bontang di tahun 90-an hingga 2000, pernah memiliki santri dengan talenta luar biasa di bidang sepak bola.

Bahkan beberapa santri diantaranya pernah mendapat panggilan menjalani masa uji training di sejumlah klub seperti Persiba Balikpapan dan PS PKT Bontang saat keduanya berkompetisi di Divisi Utama Liga Indonesia 1996–1997.

Mantan manajer PKT Bontang, almarhum Arief Budi Santoso, termasuk yang amat getol bertandang ke Pesantren Hidayatullah Bontang untuk meminta santri yang berbakat untuk dilatih di SSB PKT Bontang.*/Ain, Absir