Hidayatullah Resmikan RA Al Kautsar di Perbatasan RI – Papua New Guinea

ABEPURA (Hidayatullah.or.id) — Hidayatullah terus meluaskan kiprah melayani umat melalui program utamanya yaitu dakwah dan pendidikan. Salah satu yang menjadi binaan saat adalah di Abepura, dimana Hidayatullah telah hadirkan gedung Rumah Qur’an sekaligus taman pendidikan Raudhatul Athfal (RA) Al Kautsar di kawasan tersebut yang diresmikan hari ini.

Ketua DPW Hidayatullah Papua Ust Muallimin Amin hadir langsung meresmikan RA Al Kautsar Hidayatullah Koya Koso yang berlokasi tidak jauh dar tapal batas negara RI – Papua New Guinea (PNG), Jl. Trans Papua, Kampung Koya Koso, Distrik Abepura, Kota Jayapura, Papua, Sabtu, 4 Rajab 1443 (5/2/2022).

Dalam sambutannya, Muallimin menyampaikan bahwa sebagaimana program nasional Hidayatullah adalah membuka rumah-rumah Qur’an di seluruh Indonesia.

“Program ini adalah turunan dari program pusat Hidayatullah yaitu berdirinya rumah-rumah Qur’an di seluruh Indonesia dan termasuk di Koya Koso ini,” kata Muallimin.

Muallimin menambahkan, sangat bersyukur dengan adanya tanah wakaf dari H. Jontong almarhum dan nenek Hj. Amma seluas 20.000 m2 di kampung Koya Koso ini dan akhirnya bisa menjadi pusat pendidikan dan pembinaan penghafal Qur’an di Jayapura.

“Kami bersyukur dengan adanya tanah wakaf ini yang kami jadikan sebagai tempat pendidikan Al-Qur’an walau saat ini baru kami awali dengan pendidikan RA (taman kanak-kanak),” ujarnya.

Dia menambahkan, dukungan dari masyarakat sekitar pun sangat dibutuhkan, baik berupa dukungan moril maupun materil. “Karena ini adalah aset umat Islam dan kami selaku pelaksana amanah dari umat,” tandas Muallimin.

Sementara itu, Ketua DPD Hidayatullah Jayapura, Ust Indra Rizki, S.Pd yang ditunjuk sebagai penanggunjawab dari Yayasan Tahfidz Hidayatullah Abepura dalam sambutannya menyampaikan rasa sangat bersyukur.

“Berkat dukungan penuh dari masyarakat Kampung Koya Koso sekolah RA Al-Kautsar Hidayatullah Abepura bisa berdiri. Terima kasih bapak-bapak masyarakat Koya Koso yang telah membantu kami dalam pembangunan sekolah ini. Semoga dari sekolah ini lahir para generasi penghafal al-Qur’an,” tandas Indra.

Kepala Kampung Koya Koso, Gidion Waskay, yang memberikan sambutan mengaku sangat mengenal dengan Hidayatullah dan mengerti kerja Hidayatullah sebab telah berinteraksi sejak kecil.

“Saya sudah sangat kenal Hidayatullah, karena sejak kecil saya sudah bersama dan berinteraksi dengan santri-santri disana,” kata Gidion.

Gidion mengatakan, sebagai kepala kampung, pihaknya adalah perpanjangan tangan dari pemerintah kota Jayapura yang sangat berkomitmen untuk memperhatikan kegiatan keagamaan.

“Buatlah program kerja, nanti akan kami masukkan didalam anggaran desa saat Musrembang. Mari kita semua dukung program-program keagamaa terutama Hidayatullah yang bergerak dalam bidang pendidikan dan keagamaan,” kata Gidion seraya menyatakan sebagai wujud nyata dari dukungannya, dia menyerahkan tanah seluas 20.000 m2.

Senada dengan itu, mewakili masyarakat, sebagai tokoh Koya Koso, H. Bakri mengatakan sangat berterima kasih kepada Hidayatullah karena telah menghadirkan sekolah penghafal Al-Qur’an.

“Saya mewakili masyarakat Koya Koso mengapresiasi dan berterima kasih kepada Hidayatullah, sudah menghadirkan sekolah untuk anak-anak kami,” ujarnya.

Haji Bakri menambahkan realita yang ada di kampung ini, walaupun mayoritas muslim namun banyak yang belum bisa membaca Al-Qur’an. “Semoga dengan hadirnya sekolah yang dibuat oleh Hidayatullah, masyarakat disini bisa terbina agamanya,” harapnya.

Acara peresmian ditutup dengan doa dan ramah tamah bersama. Hadir pula dalam acara ini, Pengurus Wilayah Mushida Papua, Pengurus DPW Hidayatullah Papua Barat, Para Asatidz & Asatidzah ponpes Hidayatullah Jayapura serta Masyarakat Koya Koso.*/Miftahuddin