Hidayatullah Berkhidmat Membangun Sorong Raya dengan Penuh Cinta

SORONG (Hidayatullah.or.id) — Dengan cinta hidup menjadi indah, dengan dakwah dan tarbiyah dunia akhirat bahagia selamanya. Karena itulah cinta menjadi energi untuk membangun Sorong Raya yang maju, harmoni, bermartabat, dan sejahtera.

Demikianlah ditekankan Ketua Departemen Pendidikan Wilayah Hidayatullah Papua Barat, Muhammad Rusdan, dalam sambutannya sekaligus membuka Rapat Kerja Daerah (Rakerda) Hidayatullah se Sorong Raya beberapa waktu lalu yang berlangsung pada 10-11 Rajab 1443/ 11-12 Februari 2022 di Kota Sorong, Papua Barat.

“Karena itu, kita harus serius dalam menyusun program- program kerja,” kata Rusdan dalam sambutannya. Dia menjelaskan, segala hal yang dijalani di dunia tanpa landasan cinta maka ia menjadi tak nikmat.

Dinul Islam pun demikian, jika kita telah paham dan penuh cinta meyakininya, maka kegembiraan dan kenikmatan adalah keniscayaan yang akan dirasakan oleh pelakonnya. Rusdan pun menekankan bahwa bentuk cinta diantaranya adalah adanya kesungguhan dalam menyusun program kerja.

“Karena pogram ini menjadi acuan dalam melangkah satu tahun kedepan terutama dalam menyusun APBO, ini harus tuntas pembahasannya,” kata Rusdan berpesan.

Salah seorang peserta Rakerda, Ust Ali Lingge, S.HI, ketua DPD Hidayatullah Kabupaten Sorong Selatan mengaku amat bahagia mengikut acara ini dan mengapresiasi kegiatan rakerda.

“Ini Rakerda yang paling serius yang pernah saya ikuti, sehingga walaupun jarak 170 kilo meter dan jarak tempuh 4-5 jam dengan medan yang sangat menantang tidak menyurutkan semangat kami mengikuti rakerda,” kata Lingge yang merupakan alumni STIS Hidauatullah Balikpapan ini.

Lingge berharap rakerda ini semakin menguatkan tekad dan memotivasi para pengurus untuk serius menyusun program program dakwah demi terwujudnya kemajuan bagi semua khususnya di Sorong Raya yang dikenal juga sebagai kawasan berlimpah minyak ini.

Rakerda Se Sorong Raya yang diikuti unsur pengurus DPD Hidayatullah dari Kota Sorong, Kabupaten Sorong, Kabupaten Sorong Selatan, dan Kabupaten Raja Ampat ini dilaksanakan di Kampus Peradaban Hidayatullah Sorong Barat, Jalan Danau Tempe, Kelurahan Klawasi, Distrik Sorong Barat, Kota Sorong.

Hadir juga dalam kegiatan tersebut yaitu unsur Dewan Pengurus wilayah, unsur organisasi pendukung tingkat daerah, dan unsur amal- amal usaha tingkat daerah.

Kota Sorong dipilih menjadi tuan rumah rakerda se-Sorong Raya karena disamping letaknya sangat strategis juga merupakan hasil kesepakatan dalam Rakerwil 2 Hidayatullah Papua Barat yang dilaksanakan pada tanggal 29-30 Januari 2022 lalu di Manokwari.

Ust. Suwadi selaku ketua DPD Hidayatullah Kota Sorong dan juga pernah berada di kepengurusan wilayah yaitu departemen pendidikan selama 2 priode mengapresiasi seluruh peserta yang hadir.

“Alhamdulillah seratus persen pengurus DPD dan ortom hadir begitu juga tiga pendamping dari unsur pengurus wilayah,” kata Suwadi semringah.

Sementara itu, Ketua Yayasan Kampus Hidayatullah Kota Sorong Ust Heri Subianto selaku shahibul bait menyampaikan permohonan maaf kepada para peserta karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki saat ini. Saat ini kampus yang dipimpinnya tersebut masih terus dalam proses pembangunan.

“Insya Allah tahun ini program kita akan membangun asrama dua lantai dan sebuah aula sehingga harapan kita kedepan jika ada kegiatan berskala wilayah dapat kami layani dengan baik,” kata Heri yang juga salah satu senior di Papua Barat.

Heri yang pernah merasakan langsung didikan dari pendiri Hidayatullah Allahuyarham Ust Abdullah Said di Kampus Peradaban Gunung Tembak ini merasa bangga dan terhormat dapat menjadi tuan rumah kegiatan rapat kerja gabungan tersebut.

Rakerda ditutup oleh Ketua Departemen Aset Hidayatullah Papua Barat Ust. Zainuddin Namudat yang juga merupakan dai Hidayatullah putra asli Papua asal Kabupaten Fakfak.*/Miftahuddin