Kodam Kasuari Sosialisasi Rekrutmen Prajurit TNI di Pesantren Hidayatullah

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) — Kodam XVIII/Kasuari mendatangi dua sekolah agama yang berada di Provinsi Papua Barat, yaitu Pondok Pesantren Hidayatullah, serta Sekolah Pendidikan Guru Jemaat dan Sekolah Menengah Teologia Kristen Lahay Roy, Senin (14/02). TNI melakukan sosialisasi rekrutmen prajurit bintara dan tamtama prajurit karier (PK) khusus santri dan lintas agama.

Rekrutmen tersebut merupakan kebijakan Kasad Jenderal TNI Dudung Abdurachman, yang membuka kesempatan bagi pemuda lulusan pesantren dan sekolah keagamaan untuk turut serta mengabdi kepada negara.

“Oleh karena itu menyadari kompresitas multikulturalisme di Indonesia ini, Bapak Kasad memberikan kesempatan kepada adik-adik semua baik dari kalangan santri dan lintas agama untuk menjadi bagian dari TNI Angkatan Darat, sama-sama mengabdi menjaga, memelihara kedaulatan NKRI,” kata Wakil Kepala Pembinaan Mental (Wakabintal) Kodam Kasuari, Letkol Inf Mustagfirin kepada wartawan. Lihat videonya di sini.

Ia menambahkan di dalam tubuh TNI semua agama ada. Menurutnya, ketika semua agama dan suku bersatu, itulah sejatinya Indonesia.

“Oleh karena itu, kami dari Kodam Kasuari atas perintah Bapak Kasad untuk menyampaikan tentang penerimaan calon anggota TNI dari sumber santri dan lintas agama, sehingga kita bisa bersama-sama membangun bangsa Indonesia ini ke arah yang lebih maju, bermartabat dan baik ke depannya,” tuturnya.

Sementara itu, Pangdam Kasuari, Mayjen TNI Gabriel Lema, menuturkan melalui program ini mengajak para pemuda lulusan pesantren dan sekolah keagamaan lainnya yang ada di wilayah Papua Barat untuk bergabung menjadi prajurit TNI AD.

“Inilah momen yang baik bagi para pemuda lulusan pesantren dan sekolah keagamaan lainnya yang ada di wilayah Papua Barat dapat mewujudkan cita-cita, menunjukkan kemampuan dan potensi yang dimiliki, serta bekal ilmu yang didapat untuk berkontribusi memajukan Indonesia di bidang pertahanan,” kata Gabriel Lema.(ybh/hio)