Bupati Konkep Resmikan Pesantren Pertama di Konawe Kepulauan

WAWONII (Hidayatullah.or.id) — Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) Provinsi Sulawesi Tenggara Ir. H. Amrullah, MT. meresmikan Pesantren Hidayatullah Konkep yang ditandai dengan peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Masjid Al-Rizki Hidayatullah.

Pesantren yang diresmikan ini adalah pesantren pertama yang didirikan di kabupaten hasil pemekaran dari Kabupaten Konawe yang berlokasi di Desa Langkoala, Kecamatan Wawonii Timur, Kabupaten Konawe Kepulauan, Jum’at, 24 Rajab 1443 (25/2/2022).

Dalam sambutannya, Bupati Konkep memberikan apresiasi dan penghargaan yang sangat tinggi kepada seluruh Pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah Konkep dan pewakaf yang telah berkontribusi riil dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM) di wilayah pemerintahannya tersebut.

“Semoga Pesantren Hidayatullah ke depannya bisa melahirkan santri unggul,” harap Amrullah.

Ketua DPW Hidayatullah Sultra Ust Ahmad Syahroni mengatakan dalam sambutannya, dengan hadirnya Pesantren Hidayatullah sebagai pesantren pertama yang didirikan di Kabupaten Konawe Kepulauan ini akan menjawab persoalan keumatan khususnya di Konkep.

Olehnya itu, Ahmad Syahroni berharap agar Pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah Konkep bisa bersinergi dan berkolaborasi yang baik dengan program-program Pemda Konkep yang beririsan dalam meretas permasalahan yang terjadi di tengah-tengah ummat.

“Kuatkan sinergi, jadilah solusi,” pesan Syahroni.

Mengamini hal tersebut, Ketua DPD Hidayatullah Konkep sebagai Pengurus Pondok Pesantren Hidayatullah Konkep Ust. Sayye Abidin Al Hasbi siap bermitra dengan Pemda Konkep dan seluruh elemen masyarakat yang ada di Konkep dalam bidang keagamaan dan pembinaan ummat.

“Kami juga berterima kasih kepada pewakaf lahan berdirinya pesantren ini, semoga menjadi amal jariah dan terus bermanfaat bagi ummat,” ungkap ustadz muda ini.

Lahan berdirinya pesantren ini merupakan hibah dari dua orang muhsinin, yakni Bapak H. Ishak Ismail (Anak Lorong) dan Bapak Rinto yang diperantarai oleh Ketua Departemen Sosial dan Kesehatan DPWH Sultra Ust. Alimuddin.

Pewakaf yang merupakan pengusaha sukses yang masing-masing asal Kendari dan Konkep ini mewakafkan sedikitnya 1.2 Ha tanah untuk lahan pembangunan pesantren. Selain itu, keduanya juga berkomitmen untuk membantu pembangunan masjid hingga dapat difungsikan untuk pembinaan ummat.

Melalui sambutan pewakaf yang diwakili oleh Jasmin, M.Si. selaku keluarga pewakaf, keduanya berpesan agar amanah ini dijaga dan dimanfaatkan dengan sebaik mungkin.

“Kami menitipkan tiga pesan,” ujarnya, “Pertama, untuk pewakaf, semoga Allah SWT senantiasa menjaga keikhlasan, kemudian menjadikan amal jariyah yang mendatangkan keberkahan dan kebahagiaan di akhirat nanti”.

Kedua, pesan Jasmin, kepada Yayasan (Pondok Pesantren) Hidayatullah, kiranya dapat menerima dan menjadikan pesantren yang bisa melahirkan anak shaleh-shalehah, penghafal Quran dan pemimpin masa depan.

“Dan ketiga, kepada masyarakat Wawonii, mari kita dukung dan bantu pengembangan pesantren yang sudah lama dirindukan kehadirannya oleh masyarakat Wawonii,” tandasnya.

Turut hadir menyaksikan acara peresmian tersebut, Ketua DPW Hidayatullah Sultra beserta staff, unsur Forkopimda Kabupaten Konkep, Danramil Konkep, Kapolsek Wawonii, Kapolsek Waworete, Kepala Desa Langkoala, tokoh agama, tokoh pendidikan, dan tokoh masyarakat setempat. */Noer Akbar