Dikdasmen DPP Hidayatullah Tekankan Standardisasi dan Ekspansi Sekolah

PASER (Hidayatullah.or.id) — Departemen Pendidikan Dasar Menengah (Dikdasmen) Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah kembali menguatkan dua program utama Pendidikan Hidayatullah, yakni standardisasi dan ekspansi sekolah Hidayatullah.

Penguatan itu disampaikan kepada peserta Rapat Koordinasi Wilayah (Rakorwil) Pendidikan Hidayatullah Kalimantan Timur, Sabtu, 14 Rajab 1443H (26/02/2022).

Khusus program utama ekspansi, Nanang Noer Patria, Ketua Departemen Dikdasmen DPP Hidayatullah yang hadir secara daring, menegaskan bahwa ekspansi pendidikan adalah panggilan sekaligus bukti keimanan seorang Muslim untuk menyebarkan nilai-nilai pendidikan tauhid ke seluruh masyarakat.

Menurut Nanang, sekurangnya ada tiga alasan mengapa ekspansi sekolah Hidayatullah mutlak dilaksanakan.

“Pertama, ini terkait jumlah sekolah yang dianggap belum masif secara peta pendidikan. Kedua, merupakan hasil kesepakatan Rakornas Pendidikan Hidayatullah. Ketiga, paling utama sebagai program mainstream gerakan Hidayatullah, yakni tarbiyah dan dakwah,” ucap Nanang seperti dilansir laman Ummulqurahidayatullah.

Menurut penulis buku “Rekonstruksi Sekolah” ini, para guru dan manajemen sekolah tidak boleh merasa nyaman dengan kondisi sekolah atau pendidikan yang dikelola sekarang.

Sebaliknya, kata dia, penyelenggara harus memiliki rasa tanggung jawab besar, bahwa Pendidikan Integral Berbasis Tauhid (PIBT) sebagai model sekolah Hidayatullah ini harus dinikmati seluas-luasnya oleh masyarakat dengan visi rahmatan lil alamin.

“Harus ada rasa terdesak atau a sense of urgency dalam diri setiap guru. Tapi itu saja tidak cukup kalau tak disertai dengan visi dan strategi yang jitu. Termasuk menentukan tim penggerak yang mengkomunikasikan visi ekspansi sekolah,” terangnya.

Untuk diketahui, Rakorwil Pendidikan Hidayatullah mengangkat tema besar “Konsolidasi Jati Diri, Organisasi, dan Wawasan Menuju Terwujudnya Standardisasi, Sentralisasi, dan Integrasi Sistemik”.

Khusus di Kalimantan Timur, acara tahunan ini diadakan di Kampus Pratama Batu Sopang, Kabupaten Paser. Kegiatan tersebut diikuti sekitar 50 peserta, terdiri dari para kepala sekolah dan penanggung jawab pendidikan di seluruh daerah Kalimantan Timur.

Selain agenda sosialisasi sejumlah program kerja pendidikan DPW Kalimantan Timur, juga diadakan pengukuhan Pengurus Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Hidayatullah Kalimantan Timur serta penetapan Pimpinan Satuan Komunitas Pramuka Hidayatullah Tingkat Daerah Kalimantan Timur Masa Bakti 2021-2025.

“Alhamdulillah, ini momentum memberikan pelayanan pendidikan yang terbaik kepada masyarakat Kalimantan Timur. Apalagi sekolah di Bontang juga ditetapkan secara resmi sebagai sekolah model oleh Dikdasmen DPP,” ucap Ustadz Muhammad Ya’rif, Ketua Departemen Pendidikan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Kaltim.

“Mohon doanya selalu,” pungkas lulusan Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah Balikpapan tersebut.* (Masykur/MCU)