Hidayatullah Sulsel Dorong Pertemuan Berkala Ormas Islam

MAKASSAR (Hidayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulsel melakukan kunjungan ke Sekretariat Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulsel di Masjid Raya Makassar, Sabtu, 26 Rajab 1443 (27/2/2022).

Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ust Drs Narsi Bukhari MPd pada kesempatan kunjungan tersebut mengusulkan kepada MUI Sulsel untuk memediasi hadirnya forum silaturahmi dan pertemuan rutin lintas ormas Islam di Sulsel.

“Perlu untuk diadakan silaturahmi lintas organisasi untuk bisa saling memahami,” ujar Ust Nasri dalam keterangan tertulis Albayan Media Center (AMC) diterima media ini beberapa saat lalu.

Usulan tersebut Nasri Bukhari tersebut direspon positif oleh pengurus MUI Sulsel untuk segera ditindaklanjuti.

Hadir juga pada kunjungan itu pengurus DPW Hidayatullah Sulsel, Bendahara Ust Kadir MM, Kadep Ekonomi dan Aset Ust Imran Djufri SPdI, Kadep Pengkaderan Ust Nasrullah Alwi Lc, dan Ketua DPD Hidayatullah Makassar Ust Dr Nasrullah Sapa Lc MA.

Menerima langsung kunjungan tersebut Ketua Umum MUI Sulsel Prof Dr AGH Najamuddin Lc MA didampingi Sekretaris Umum Dr KH Muammar Bakry Lc MA, Kabid Pendidikan Dr KH Kamaluddin Abu Nawas MAg, Sekretaris Bidang Infokom Prof Dr H Sukardi Weda SS MHum.

KH Muammar berharap ide pertemuan rutin ormas Islam segera direalisasikan di tengah hubungan antar ormas yang berkesan semakin jauh dari persatuan. Selain itu pertemuan antar Ormas juga bisa mempertemukan titik persamaan dakwah.

“Perlunya penyatuan visi dan misi antar semua ormas untuk membangun Islam yang rahmatanlilalamin. Kita juga tidak usah lagi pertentangkan masalah hilafiyah dan mari kita kedepankan persamaan,” tuturnya.

Hal yang sama juga diutarakan KH Kamaluddin. Menurutnya, rencana silaturahmi antar ormas sangat bagus di tengah keberagamaan pemahaman. “Perlu adanya komunikasi dan persatuan untuk membangun umat yang damai,” tambahnya.

Sebelumnya, Ust Nasri dalam pengantarnya menjelaskan kunjungan pihaknya sebagai langkah awal membangun komunikasi, kolaborasi dan saling mendukung dalam kegiatan dakwah dan tarbiyah yang merupakan mainstream gerakan Hidayatullah.

“Visi dan Misi Hidayatullah adalah Membangun Masyarakat Islam melalui pendidikan dan dakwah,” tuturnya. Juga memperkenalkan kepengurusan DPW Hidayatullah Sulsel 2020-2025 dan progres kehadiran Hidayatullah di 24 kab/kota se-Sulsel.

AGH Najamuddin mengapresiasi pengurus  DPW Hidayatullah Sulsel yang telah berkunjung untuk bersilaturahmi saling menguatkan.

“Harapan saya agar Hidayatullah kedepannya semakin terbuka dan terus mendakwahkan nilai Islam yang rahmatanlilalamin dan washatiyah tanpa memaksakan pemahaman dan pendapat fiqih,” imbuhnya.

MUI Sulsel juga mendorong agar Hidayatullah di Sulsel bersama-sama untuk mengcounter isu terorisme, dan berharap melibatkan MUI pada program dakwahnya, misalnya saat Ramadhan, untuk bisa memberikan persamaan pandangan dalam berdakwah.

Menanggapi hal tersebut, Ust Nasri memastikan semua harapan pihak MUI Sulsel telah dijelaskan dalam buku panduan Hidayatullah yang akan disusulkan untuk menjadi referensi bagi MUI Sulsel agar lebih kenal mendalam tentang Hidayatullah.(fir/ybh)