Luncurkan Pondok Pesantren Tahfidz Al Qur’an di Natuna

NATUNA (Hidayatullah.or.id) — Keberadaan BMH Kepri sebagai lembaga amil zakat nasional yang amanat operasionalnya meliputi seluruh kabupaten/kota se Kepulauan Riau semakin dirasakan oleh masyarakat, termasuk di pulau terluar Indonesia, kabupaten Natuna.

Pada Sabtu, 26 Februari 2022, BMH Kepri melakukan peluncuran Pondok Tahfidz Al Qur’an sebagai bagian dari proyek pendirian pesantren di atas lahan seluas 6 hektar yang merupakan wakaf dari seorang dermawan.

Bupati Natuna Wan Siswandi , S. Sos., M. Si, yang dijadwalkan meresmikan tidak dapat hadir sehingga diwakili oleh Asisten I bidang Kesra, H. Khaidir, SE. Acara di gelar di Jalan Hang Tuah, Air Lakon, Kelurahan Batu Hitam, Kecamatan Bunguran Timur, Kabupaten Natuna.

Kehadiran Pondok Tahfidz Al Qur’an ini merupakan bagian dari program unggulan dan prioritas BMH Kepri mengingat letak strategis kabupaten Natuna yang juga merupakan ujung tombak maritim Indonesia karena secara geografis berhadapan langsung dengan Laut Cina Selatan.

Menurut General Manager BMH Kepri, Abdul Aziz, pihaknya terpanggil memberikan dukungan dan perhatian secara khusus untuk gerakan tarbiyah dan dakwah serta kemanusiaan di Natuna karena secara tidak langsung ada peran patriotik yaitu sebagai upaya menjaga keutuhan NKRI melalui pembinaan terhadap generasi muda. Untuk tahap awal, BMH Kepri telah menyalurkan dana sekira Rp 200.000,000 (dua ratus juta rupiah).

“Pendirian Pondok Tahfidz Al Qur’an di Natuna sangat penting untuk diwujudkan karena masih minimnya wadah pendidikan yang berbasis agama seperti pondok tahfidz Al Qur’an, salah satu penyebabnya karena letak geografis yang berada di garis terluar NKRI,” tutur Abdul Aziz.

Untuk mewujudkan harapan itu, BMH Kepri bersinergi dengan DPW dan DPD Hidayatullah Natuna sebagai pengelola. Tah Huwandilah menuturkan dirinya bersama para pengurus dengan dukungan BMH Kepri bertekad mencetak hafidz-hafidz Al Qur’an dari Kabupaten Natuna.

Saat ini, imbuhnya, selain Pondok Tahfidz Qur’an yang ada di Ibu kota Kabupaten, di Kecamatan Batubi juga sudah kita bentuk Rumah Qur’an Hidayatullah (RQH), ke depannya insya Allah tiap kecamatan akan kita hadirkan Rumah Quran Hidayatullah.

“Kami mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada BMH Kepri dan para donatur serta semua pihak yang telah memberikan dukungan atas pendirian Pondok Tahfidz Al Quran ini,” tutur putra asli Natuna ini sumringah.

Ketua DPW Hidayatullah Kepri, Darmansyah, yang turut hadir dalam peresmian menyampaikan bahwa kehadiran pondok tahfidz al Qur’an merupakan wujud keseriusan BMH Kepri yang bersinergi dengan DPW dan DPD Hidayatullah Kepri dalam memberikan pelayanan kepada ummat melalui gerakan tarbiyah dan dakwah.

Sementara itu pemerintah Kabupaten Natuna, melalui H. Khaidir menyampaikan dukungan atas launching Pondok Rumah Tahfidz Al Qur’an Hidayatullah di Natuna.

”Saat ini di Natuna masih minim sekolah-sekolah atau wadah pembelajaran Qur’an seperti Ponpes Tahfidz Qur’an ini, untuk itu kami selaku pemerintah daerah akan mendukung penuh berdirinya Ponpes ini. ” ujar Khaidir.

Pemkab Natuna menurut H. Khaidir tahun ini akan meresmikan empat Ponpes yang ada di Natuna. Hal ini sejalan dengan visi dan misi bupati Natuna yang di antaranya meningkatkan kualitas pendidikan agama Islam di Natuna.*/Mujahid M. Salbu