Peletakan Batu Pertama Kampus Ponpes Hidayatullah Buton Tengah

BUTENG (Hidayatullah.or.id) — Standardisasi dan ekspansi senantiasa dilakukan oleh Pengurus Wilayah Hidayatullah Sulawesi Tenggara yang merupakan Program Mainstream DPW Hidayatullah Sulawesi Tenggara.

Kini, hadir di Kab. Buton Tengah (Buteng) dengan kegiatan Launching Pesantren Hidayatullah Lombe Kab. Buton Tengah yang ditandai dengan Peletakan Batu Pertama Masjid At-Taufiq oleh Sekretaris Daerah Kab. Buton Tengah, H. Kostantinus Bukide, Rabu, 27 Sya’ban 1443 H (30 Maret 2022).

Ketua DPD Hidayatullah Buton Tengah Ust. Muhammad Nurdin, SE. sebagai tuan rumah pada acara ini mengucapkan terimakasih terkhusus kepada pewakaf tanah pesantren Bapak H. La Baheri juga kepada seluruh masyarakat dan pemerintah yang telah mendukung akan berdirinya Pesantren Hidayatullah Lombe di Kabupaten Buton Tengah ini, tepatnya di Kelurahan Watulea, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Dia sangat optimis bila ada dukungan masyarakat dan pemerintah Pesantren Hidayatullah Buton Tengah akan eksis dan berkembang.

“(Lokasi) ini adalah lokasi yang kelima yang kita dapat untuk pendirian Pesantren. InsyaAllah akan kita wujudkan niat dan cita-cita yang diamanahkan kepada kami. Dan terakhir kami meminta dukungan dari Pemerintah Kabupaten Buton Tengah, Kecamatan, Kelurahan, pihak TNI-Polri, dan seluruh masyarakat agar pesantren ini segera terbangun dan memberi manfaat yang lebih luas kepada ummat,” harap Nurdin.

Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Tenggara Ust. Ahmad Syahroni, S.Pd.I., S.HI turut memberikan sambutan menyampaikan beberapa hal yang sangat penting dengan hadirnya pesantren ini yakni; Pertama, bersyukur kepada Allah SWT atas berdirinya Pesantren Hidayatullah di Kabupaten Buton Tengah ini sebagai salah satu wadah pembinaan ummat.

Kedua, lanjut dia, wadah terbaik buat pendidikan masa kini adalah Pesantren. Ketiga, dibutuhkan kebersamaan dari semua unsur untuk pembangunan pesantren.

“Dan keempat, berharap dukungan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Tengah untuk terus bersinergi dalam pengembangan Pesantren ke depan,” kata Syahroni.

Sebelum lanjut pada acara prosesi peletakan batu pertama Masjid At-Taufiq Pesantren Hidayatullah Lombe, Sekretaris Daerah yang mewakili Bapak Bupati Buton Tengah memberikan sambutannya agar Hidayatullah bisa hadir membina dan mencerahkan ummat di setiap kecamatan di Buton Tengah.

“Hadirnya Pesantren Hidayatullah Lombe di sini sebagai lembaga pendidikan keagamaan yang akan membawa anak-anak kita sebagai generasi penerus dan masyarakat secara umum lebih religius,” ujarnya.

Selanjutnya, mantan Kadis Sosial Kab. Buton Selatan ini berharap agar sinergi pemda, masyarakat, dan pengurus pesantren Hidayatullah Lombe terus dikuatkan. Setelah peletakan batu pertama diharapkan agar segera menyusul tahap berikutnya.

Dalam kesempatan ini Sekda dan Kadis Sosial menyumbangkan masing-masing 50 sak semen dalam pembangunan awal Masjid At-Taufiq.

“Bulan September (silakan pengurus) buat Proposal. InsyaAllah untuk diajukan masuk anggaran perubahan,” ujar Kostantinus.

Kolaborasi kebaikan nampak dalam acara ini, antara Pemerintah, Ormas Hidayatullah, Tokoh Masyarakat, TNI-Polri, masyarakat, dan Pewakaf lahan pembangunan pesantren, bergandengan tangan merajut keberkahan menghadapi bulan suci Ramadhan dalam rangka mewujudkan niat menggapai ampunan dari Allah SWT dengan bersama mendirikan pesantren sebagai wadah pembinaan ummat generasi masa depan yang berkarakter Qur’ani.

Turut hadir dalam Acara Launching Pesantren hasil wakaf dari keluarga H. La Baheri seluas 1,5 hektare ini dari jajaran pemerintah Buton Tengah, Kadis Sosial, Camat dan lurah setempat, hadir pula dari jajaran TNI dan Polri yaitu Danramil 1413-10 Gu dan Kapolsek Gu, juga dihadiri oleh Pengurus DPW dan DMW Hidayatullah Sulawesi Tenggara, tidak ketinggalan pula beberapa tokoh masyarakat setempat. */Noer Akbar