SD Integral Hidayatullah Baubau Adakan Camp Ramadhan Kenalkan Mondok ke Siswa

BAUBAU (Hidayatullah.or.id) — Guna mengenalkan dunia mondok dan mengisi kegiatan bulan Ramadhan 1443 H, SD Integral Hidayatullah Baubau menggelar CLASSIC (Class Six Integral Camp) bagi siswa kelas 6. Agenda acara dilaksanakan selama tiga hari sejak Jum’at pagi, 13 Ramadhan (15/4/2022) hingga Ahad pagi, 15 Ramadhan (17/4/2022).

Wali kelas 6, Ustadzah Mirna Angraeni mengatakan acara ini diikuti oleh 28 peserta yang merupakan siswa dan siswi kelas akhir (kelas 6) angkatan 2021/2022 dan juga didampingi oleh semua ustadz dan ustadzah.

Camp Ramadhan yang bertema ‘Merajut Kebersamaan yang Indah Hingga Akhir’ dilaksanakan di Kampus Pesantren Hidayatullah Baubau di bilangan Jalan Pahlawan Km.5, Lr. Pesantren Hidayatullah, Kel. Kadolokatapi, Kec. Wolio, Kota Baubau, Sultra.

Acara Camp Ramadhan ini tidak seperti pesantren kilat atau pesantren Ramadhan yang telah dilaksanakan beberapa waktu lalu.

Acara ini diisi dengan berbagai acara menarik dan seru yang menjadi agenda harian di Pesantren Hidayatullah Baubau ini yang diawali dengan ujian hafalan qur’an, tadarrus, wirid, buka puasa dan sahur bersama, tarawih berjamaah, olahraga, uji mental, dan games menarik.

Kegiatan ini juga diisi dengan materi kelas; Fiqih Ramadhan yang dibawakan oleh Ustadzah Siti Darlima, S.Pd., Adab Islam oleh Ustadzah Rizkiani, S.Pd., Shiroh Nabawiyah oleh Ustadzah Fitriani, S.Pd., dan spirit motivasi yang langsung dibawakan oleh Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Baubau, Ust. Akbar Mahaba, S.Pd.I., M.Pd.

“Acara ini tujuan utamanya untuk mengenalkan dunia mondok di pesantren bagi siswa kelas 6 yang sebentar lagi insya Allah akan naik ke jenjang SMP/MTs. Mondok menjadi solusi untuk membina dan memandirikan siswa di masa pandemi seperti ini,” kata Akbar.

Dari beberapa testimonial, siswa merasa senang dengan kegiatan mondok ini dengan persiapan perlengkapan mondok sehari sebelumnya.

Senada dengan itu, wali siswa sangat mendukung dan berharap durasi/waktu pelaksanaan mondok bisa lebih lama lagi.

“Ustadz, kalau bisa (kegiatan mondok) dilaksanakan satu pekan,” ujar beberapa wali siswa saat menjemput anaknya.

Kepala Sekolah SD Integral Hidayatullah Baubau, Ust. Akbar Mahaba, S.Pd.I., M.Pd sangat berterimakasih kepada orang tua siswa yang mendukung penuh kegiatan ini dan juga ucapan terimakasih kepada guru-guru yang mendampingi siswa hingga akhir kegiatan. /*Noer Akbar