SD Integral Hidayatullah Baubau Berbagi Kebaikan Ramadhan

BAUBAU (Hidayatullah.or.id) — SD Integral Hidayatullah Baubau menggandeng Mitra Zakat Hidayatullah Baubau melalui momen Ramadhan 1443 H berbagi kebahagian dengan sejumlah kaum dhuafa dan anak yatim serta santri tahfidzul Qur’an pada kegiatan #BerbagiKebaikanRamadhan, yang pada tahun ini menyasar beberapa titik salur; Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Ar-Royyan, Panti Asuhan Madin Al-Ikhlas, Panti Asuhan Ulil Albab di Kelurahan Kaisabu Baru, Panti Asuhan Madinatul Qur’an di Kelurahan Kadolokatapi, dan Panti Asuhan Darul Ulum di Kelurahan Kampeonaho, pada Sabtu, 21 Ramadhan 1443 H (23/4/2022).

Kepala SD Integral Hidayatullah Baubau Ust. Akbar Mahaba, S.Pd.I., M.Pd. mengatakan, kegiatan #BerbagiKebaikanRamadhan dilaksanakan dengan bentuk penggalangan bahan sembako dari seluruh siswa, orang tua siswa, asatidz, dan juga donatur Mitra Zakat Hidayatullah.

Ia juga menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk memberikan pelajaran dan pengalaman kepada siswa dalam berbagi kepada sesama di bulan yang mulia ini.

“Alhamdulillah, ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk menggugah rasa empati siswa kami dalam berbagi kepada orang-orang yang membutuhkan. Apalagi bulan ini adalah bulan yang sangat mulia yang ganjarannya berlipat-ganda,” kata Akbar.

Pengurus Pondok Pesantren Tahfidz Qur’an Ar-Royyan Ust. Faisal saat menerima rombongan siswa & asatidz SD Integral Hidayatullah mengungkapkan rasa terimakasih atas kunjungan silaturrahim ini.

“Terimakasih atas kehadiran ustadz-ustadzah dan para siswa dengan apa-apa yang sudah dikeluarkan dari hartanya. Semoga bermanfaat,” ungkap Faisal seraya mengutip hadits ‘khoirunnas anfa’uhum linnas. Sebaik-baik manusia adalah yang paling bermanfaat bagi manusia lainnya’.

Ust. Faisal juga menyebutkan bahwa ternyata ada beberapa alumni SD Integral Hidayatullah Baubau yang melanjutkan pendidikan dan penghafalan Al-Qur’annya di PTQ Ar-Royyan yang berada di wilayah Bumi Perkemahan Samparona Baubau ini.

Pada kesempatan berbagi kebaikan ini, turut hadir perwakilan siswa, orang tua siswa, dan asatidz ke lokasi penyaluran dimaksud. Siswa sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran di luar area sekolah ini.

Sekolah di bawah naungan Yayasan Pesantren Hidayatullah Baubau ini selalu menanamkan rasa cinta kepada Al-Qur’an. Hafalan Al-Qur’an menjadi salah satu keunggulan sekolah ini.

Hal ini terlihat siswa selalu dikondisikan untuk selalu membaca dan menghafalkan Al-Qur’an di berbagai kesempatan; di rumah, dalam perjalanan, dan di sekolah.

Sesaat sebelum berangkat ke lokasi, siswa memuroja’ah (mengulang) hafalan Al-Qur’annya hingga dalam perjalan pulang-pergi dari dan ke lokasi penyaluran pun siswa dengan riang gembira berkaraoke murottal Qur’an yang tersedia di mobil khusus antar-jemput sekolah integral ini./*Noer Akbar