Hidayatullah Papua Barat Kirim Alumni Studi ke Jawa dan Kaltim

MANOKWARI (Hidayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Papua Barat melepas sekaligus memberikan pembekalan kepada calon mahasiswa yang akan dikirim untuk kuliah di berbagai Perguruan Tinggi di Jawa dan Kalimantan Timur.

Acara berlangsung di ruang meeting kantor DPW Hidayatullah Papua Barat Jl. Trikora Arfai II Kelurahan Anday Distrik Manokwari Selatan Kabupaten Manokwari Papua Barat pada hari Rabu, 24 Syawal 1443 (25/5/2022).

Dalam sambutannya, Hasdar Ambal selaku Ketua DPW Hidayatullah Papua Barat menyampaikan pengiriman tugas belajar ini adalah komitmen dalam bidang dakwah menyiapkan tenaga dai yang akan ditugaskan di Papua Barat.

“Program ini dilatarbelakangi oleh minimnya tenaga dai yang berdakwah terutama di daerah pedalaman Papua Barat. Karenanya DPW Hidayatullah Papua Barat berkomitmen setiap tahun untuk selalu mengirim para alumni SMA/MA milik Hidayatullah se-Papua Barat untuk tugas kuliah di perguruan tinggi yang telah bekerjasama dengan kami,” kata Hasdar.

Umumnya kader dai muda alumni kampus Hidayatullah dikirim menempuh studi di Perguruan Tinggi Hidayatullah (PTH) yang tersebar di berbagai daerah seperti di STAIL Surabaya, STIE Depok, STIKMA Malang, STIS Balikpapan, STIT Batam, IAIA Abdullah Said Kepri, STAI Albayan Makassar, dan lainnya.

“Tahun ini kami mengirim sebanyak 11 orangalumni kami untuk tugas kuliah di Bogor dan Kalimantan Timur. Jurusan mereka ambil adalah Bahasa Arab, Ekonomi Syariah, serta Hukum Keluarga,” kata Hasdar.

Beliau menambahkan, setelah lulus kuliah, mereka sudah memiliki ilmu yang mumpuni dam mereka selajutnya ditugaskan untuk berdakwah di masyarakat baik di perkotaan maupun daerah pedalaman Papua Barat.

“Artinya, setelah lulus kuliah mereka tidak menganggur melainkan sudah ditunggu oleh pekerjaan,” kata Hasdar.

Selaku narasumber, Ust H Sultan selaku Ketua Dewan Murobbi Wilayah Hidayatullah Papua Barat mengingatkan para calon mahasiswa ini untuk menjaga nama baik Islam sebagai peradaban mulia, nama baik organisasi maupun nama Papua Barat.

“Kalian adik-adikku merupakan orang pilihan yang akan mengikuti program mulia ini, sehingga kalian bukan membawa nama pribadi tetapi membawa nama besar Islam serta nama besar organisasi khususnya Papua Barat secara umum,” imbuhnya.

Sultan menambahkan, untuk bersungguh-sungguh serta bersabar, merupakan kunci sulses.

“Kalian harus bersungguh-sungguh belajar. Tidak ada yang mudah, semua butuh perjuangan dan pengorbanan sehingga harus tetap selalu bersabar. Insya Allah kalian akan sukses,” pesannya..

Acara ditutup dengan penyerahan simbolis Surat Rekomendasi dan doa bersama serta foto bersama.

adir pula dalam acara tersebut ketua Yayasan Ponpes Hidayatullah Manokwari Ust Ahmad Taufik dan ketua DPD Hidayatullah Manokwari Ust Ahmad Arifuddin.*/Miftahuddin