Rumah Quran Hidayatullah di Pulau Derawan Diresmikan

BERAU (Hidayatullah.or.id) – Laznas Baitul Maal Hidayatullah (BMH) bersama dengan DPD Hidayatullah Kabupaten Berau menggelar peresmian Rumah Quran Qolbun Salim di Kampung Pulau Derawan, objek wisata yang terletak di Kabupaten Berau, Kalimantan Timur, Selasa, 23 Syawal 1443 (24/05/2022).

Hadir dalam peresmian tersebut Camat Pulau Derawan, Syamsudin Ambakadang. Ia sangat mengapresiasi kiprah BMH bersama Hidayatullah yang benar-benar hadir di tempat terpencil seperti kepulauan Derawan ini.

“Kami atas nama pemerintah menyampaikan apresiasi kepada Hidayatullah dan BMH yang telah menghadirkan Rumah Quran untuk masyarakat Pulau Derawan,” ungkapnya.

“Semoga dengan hadirnya Rumah Quran ini ke depan anak-anak dari Pulau Derawan bisa tampil di ajang Musabaqah Tilawatil Quran tingkat provinsi,” imbuhnya penuh harap.

Peresmian ini dihadiri oleh Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad, sejumlah pengurus DPP Hidayatullah dari Jakarta, pengurus tingkat pusat Hidayatullah lainnya, Pendiri Hidayatullah Ustadz Hasyim HS, Pembimbing Hidayatullah Kampus Induk Balikpapan beserta, serta peserta Sarasehan Pendiri Perintis dan Silaturahim Dai Hidayatullah VIII.

Ketua DPD Hidayatullah Kabupaten Berau, Ustadz Saifudin menegaskan, program Rumah Quran ini adalah bagian dari komitmen Hidayatullah yang didukung penuh oleh BMH untuk ikut mencerdaskan kehidupan bangsa.

“Rumah Qur’an Qolbun Salim ini adalah wujud ikut serta kita semua untuk mencerdaskan kehidupan bangsa. Bahkan Rumah Quran ini bukan sebatas tempat mengaji, tetapi juga sentra pembinaan anak-anak, remaja, dan warga Pulau Derawan,” jelasnya.

“BMH akan mendukung dan terus mendorong upaya mencerdaskan kehidupan bangsa melalui gerakan dakwah dan pendidikan,” tutup Kadiv Program dan Pemberdayaan BMH Kaltim, M. Rofiq di lokasi peresmian.

Secara simbolis, peresmian RQ tersebut ditandai dengan pembukaan selubung papan nama RQ Qolbun Salim serta pemotongan pita di pintu masuk bangunan RQ itu. Dilakukan oleh Pemimpin Umum Hidayatullah, Camat Pulau Derawan, Ketua DPD Hidayatullah Berau. Hadir pula Kepala Bidang Dakwah dan Pelayanan Umat (Yanmat) DPP Hidayatullah Drs Nursyamsa Hadis menyampaikan sambutannya.

Bangunan berbahan kayu itu terdiri dari dua lantai. Dikerjakan selama sekitar dua bulan. Kini sudah bisa ditempati. Sebelumnya, kegiatan di RQ tersebut dilakukan di mushalla di kompleks Hidayatullah Pulau Derawan.

Menurut Sabriansyah, Ketua Gerai BMH Berau, jumlah santri di RQ tersebut sebanyak 60 orang anak. “Orangtua mungkin sekitar 20 (orang),” ujarnya kepada Hidayatullah.com usai acara itu.

Aktivias belajar mengajar di RQ tersebut pun sudah berjalan sekitar dua bulan lamanya. “Sejak dua bulan yang lalu, sebelum Ramadhan kita sudah bergerak untuk mendirikan(nya),” ujarnya.

RQ Qolbun Salim merupakan rumah Quran pertama yang ada di Pulau Derawan tersebut.* (SKR/MCU)