Silaturrahim Syawal DPW Jabar Launching Yayasan Ta’awun Da’i Indonesia

CIREBON (Hidayatullah.or.id) — Momentum kebersamaan Silaturahmi Syawal 1443 H digelar oleh Dewan Pengurus Wilayah Hidayatullah Jawa Barat, Sabtu, 28 Mei 2022/27 Syawal 1443 H, di Yayasan Manarussalam Pesantren Hidayatullah Kota Cirebon, Gg. Langgar Kel. Karyamulya, Kec. Kesambi, Kota Cirebon.

Acara yang bertema “Merajut Ukhuwah dan Membangun Komitmen Berjamaah dalam Mewujudkan Peradaban Islam” ini dihadiri sekitar 700 orang, di antaranya Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, anggota DPRD, Kapolsek, perwakilan Camat, RT/RW, dan tokoh masyarakat. Selain itu, pengurus DMW, DPW, DPD, BMH, PEMUDA, SAR, Mushida serta amal usaha lainnya se-Jawa Barat.

Ketua DPW Hidayatullah Jawa Barat Ustadz Taufik Wahyudiono, S.Pd dalam sambutannya menyampaikan bahwa acara silaturahmi Syawal ini merupakan kultur di Hidayatullah yang harus dipertahankan dan dilakukan oleh para kader Hidayatullah. Taufik juga mengapresiasi kehadiran seluruh kader, jamaah dan tamu undangan.

“Silaturahmi ini perlu diadakan karena ini kultur di Hidayatullah untuk membangun ukhuwah agar tugas-tugas bisa dilakukan dengan berjamaah, penuh semangat dan rukun untuk membangun Jabar lebih baik,” ungkap Taufik.

“Terima kasih atas kehadiran di acara ini dan berharap para dai bisa menjalin hubungan yang lebih baik lagi di masyarakat, pemerintahan, aparat keamanan sehingga tercipta suasana yang aman dan kondusif,” imbuhnya.

Sementara, Ketua DMW Hidayatullah Jabar Ustadz Dadang Abu Hamzah menguatkan pentingnya makna silaturahmi dalam meraih kebahagiaan dan keberhasilan dalam berdakwah.

“Alhamdulillah tahun ini kita bisa berkumpul dan bersilaturahmi. Kesempatan ini sangat ditunggu-tunggu karena para dai bisa bertukar pikiran, pengalaman di daerah masing-masing,” kata Dadang Abu Hamzah.

“Karena silaturahmi ini diperintahkan oleh Nabi SAW. Barangsiapa yang ingin rezekinya dilapangkan dan panjang umur, hendaklah ia menyambung kerabatnya (silaturahim), Dadang menegaskan.

Hadir dalam kesempatan ini Kapolsek Kesambi Polres Cirebon Kota Iptu. Sudarsono, SH yang mewakili Kapolres. Kapolsek menyambut gembira acara Silatrahmi Syawal ini. Menurutnya, dapat merekatkan ukhuwah antara pesantren, pemerintah, dan masyarakat.

“Acara ini banyak manfaatnya. Kami menghimbau agar para dai dan pengurus pesantren bisa bersama-sama menjaga keamanan dan ketertiban,” ujarnya.

Launching YATADI

Acara yang dirangkai dengan Launching Yayasan Taawun Dai Indonesia atau YATADI ini diresmikan langsung oleh anggota DPRD Kota Cirebon R. Endah Arisanasyakanti, SH.

“Masya Allah, acara ini bagus sekali apalagi di-launching Yayasan Taawun Dai Indonesia ini. Mudah-mudahan dari pihak pemerintah bisa mendorong, memotivasi, dan membantunya,” ujar Endah.

Adapun tujuan didirikannya YATADI ini adalah menjadi solusi dan sarana edukasi untuk saling tolong-menolong, dan berbagi kebaikan. Selain itu, memudahkan para dai yang kesulitan ekonomi dalam menjalankan tugasnya di daerah.

Ketua DPP Hidayatullah Dr. Nashirul Haq, Lc, MA dalam tausiyahnya berpesan agar para dai tetap semangat, bersatu, menjaga hati, dan istiqamah dalam memperkuat nilai-nilai ukhuwah imaniyah.

“Silaturahmi ini penting untuk melapangkan hati kita dan saling memaafkan. Karena itu, kita harus menjaga dan memperkuat persaudaraan. Persaudaraan itu masalah hati dan Allah-lah yang mempersatukan hati kita. Inilah yang disebut ukhuwah imaniyah,” papar Nashirul Haq.

“Selain orang beriman tidak ada persaudaraan imaniyah (abadi). Jadi, jangan ada hasad yang dapat menghancurkan tali persaudaraan ini,” imbuhnya.

Acara ini diakhiri dengan sosialisasi program perkaderan dan perguruan tinggi Hidayatullah, STIE Hidayatullah Depok*/Asju, Dadang Kusmayadi