Dandim 0615/Kuningan Tutup Islamic Super Camp Sako Pramuka Hidayatullah Jabar

KUNINGAN (Hidayatullah.or.id) – Satuan Komunitas (Sako) Pramuka Hidayatullah Jawa Barat, sukses menggelar acara Islamic Super Camp selama 3 hari (22-24/10/2022) di Bumi Perkemahan Sidomba, Kabupaten Kuningan, Provins Jawa Barat (Jabar).

Acara yang bertema “Menggapai Tanpa Batas Menyiapkan Kader Berkualitas ini ditutup oleh Dandim 0615 Kuningan, Letkol Inf. Bambang Kurniawan, SE. MA.

Penutupan diawali pembacaan Kalamullah surat Al-Baqarah ayat 197-199 oleh Mohammad Ahsyan As-Syadzili, kelas 6 SD Hidayatullah Purwakarta.

Pada kesempatan itu, Dandim hadir memberikan materi wawasan kebangsaan dan bela negara. Selain itu, ia juga memberi motivasi kapada peserta agar terus belajar.

“Tidak hanya mengangkat senjata, sebagai pelajar menjadi pribadi yang berakhlak, menambah wawasan, keilmuan serta taat kepada Allah dan Rasulnya, itu merupakan bagian dari bela negara,” ungkapnya.

Ia mencontohkan pengalamannya sejak mulai SMP sudah belajar hidup prihatin, selalu aktif kegiatan di masjid dan belajar al-Qur’an. Ia juga berpesan, “Agar para santri harus memiliki kecerdasan, kejujuran, hormat dan patuh kepada orang tua,” ujarnya.

Sementara itu, Kak Wildan, pengurus Sako Nasional Hidayatullah mengapresiasi perjuangan panitia dan peserta. “Alhamdulillah, panitia dan peserta mampu melewati proses acara ini dari mulai pembukaan hingga penutupan dengan aman, tertib dan lancar, di tengah cuaca panas dan kadang diguyur hujan,” ujarnya.

“Meskipun demikian, semua peserta senang bergembira dan semangat menuntaskan semua lomba yang diadakan panitia,” ucapnya.

Wildan juga mengajak semua peserta bersiap-siap untuk mengikuti Jambore Nasional dan Asia pada tahun yang akan datang.

Acara kemudian dilanjutkan dengan pembagian hadiah. Dalam kompetisi Islamic Super Camp Sako Pramuka Hidayatullah Jabar tahun 2022 ini, juara umum tingkat putra diraih oleh fi’ah Bandung dan tingkat putri diraih oleh fi’ah Cirebon.

Acara yang dihadiri sebanyak 600 peserta terdiri dari siswa SD hingga SMA Hidayatullah se-Jabar ini ditutup dengan doa oleh Ustadz Anton Al-Jundi, anggota Dewan Murabbi Wilayah Hidayatullah Jabar.

Dalam kesempatan tersebut ia mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan momentum untuk meningkatkan kemandirian, persahabatan, tarbiyah jasadiyah dan ruhiyah.

“Guyuran hujan dan terpaan panas plus motivasi dari kakak pembina dan pejabat yang hadir, insya Allah berpadu menjadi amunisi spirit dan energi yang meresap ke dalam jiwa adik-adik untuk bangkit mengisi hari-hari ke depan yang terbaik,” pungkasnya.*/Asep Juhana, Dadang Kusmayadi