Walikota Buka Kejuaraan Berkuda dan Memanah di Pesantren Hidayatullah

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Walikota Balikpapan yang juga Ketua Persatuan Olahraga Berkuda Seluruh Indonesia (Pordasi) Kalimantan Timur, H. Rahmad Mas’ud, SE., ME, membuka secara resmi kejuaraan Horseback Archery Dandito Cup 2022 bertempat di Aula Pendopo, Pondok Pesantren Hidayatullah Gunung Tembak, Sabtu, 4 Rabbiul Akhir 1444 (29/10/2022).

“Kejuaraan Horseback Archery Dandito Cup Tahun 2022 saya nyatakan dibuka secara resmi, semoga Allah Subhanahu Wata’ala senantiasa memberikan petunjuk dan bimbingan-Nya kepada kita, tentunya dalam mewujudkan kota Balikpapan yang nyaman dihuni yang maju modern dan sejahtera dalam bingkai Madinatul Iman,” petiknya dalam sambutan.

Dalam sambutannya, Rahmad menceritakan pengalamannya bergabung di dunia olahraga berkuda. Awalnya, ia mengaku mendatangkan kuda lokal dari Jeneponto, Sulawesi Selatan. “Waktu itu tiga ekor memulainya,” ucapnya.

Di hadapan ratusan peserta kejuaraan terbuka tersebut, Rahmad mengajak untuk bersama-sama berkomitmen membesarkan olahraga berkuda di Kalimantan Timur. Ia mengatakan ada semacam mitos yang harus dikalahkan, yaitu kuda tidak bisa hidup di Kalimantan Timur.

“Kata orang, kuda tidak bisa hidup di Kalimantan Timur, kita mau patahkan mitos itu, Kita punya prinsip jangankan kuda manusia saja mati kalau tidak dirawat. Jadi sepanjang kita rawat, insyaAllah kuda itu bisa hidup,” terang Walikota Balikpapan ke-10 ini bersemangat.

Sejumlah tamu undangan tampak hadir dalam acara pembukaan tersebut. Di antaranya, Ketua Pordasi Balikpapan Rudi Dandito, Wakil Ketua DPRD Balikpapan Subari, Kemenag Balikpapan H. Johan Marpaung, Kapolresta Balikpapan Kombes Pol Vinicius Thirdy Hadmiarso, Komandan Lanud Balikpapan, Komandan Lanal Balikpapan, Dandim Balikpapan, dan sejumlah unsur Forkompinda Balikpapan lainnya. Tampak hadir pula Jose, tokoh berkuda Balikpapan sebagai tamu undangan.

Dari informasi yang dihimpun, ada tiga kategori yang diperlombakan pada Dandito Cup 2022 tersebut. Yaitu, lomba Archery Ground Dewasa (laki laki dan wanita), Archery Ground Anak (laki laki dan wanita), serta Horseback Archery (HBA) dewasa dan anak (laki-laki).

“Untuk kategori dewasa, aduan panahan terjauh hingga 90 meter. Sedang buat anak sampai 20 meter dan terjauh akhwat 30 meter,” ucap Adi Prianto, Ketua Panitia Pelaksana Dandito Cup 2022 yang juga Ketua Divisi Horseback Archery Pordasi Kaltim dalam kesempatan terpisah.

Pantauan Media Center @UmmulquraHidayatullah (MCU), seluruh warga dan santri tampak antusias menyaksikan perlombaan tersebut. Khususnya di lokasi pacuan HBA. Panitia juga telah mengantisipasi hal tersebut dengan menyediakan dua tenda terpisah dan berjarak cukup jauh, buat penonton laki laki dan wanita.

“Abaikan terik (matahari) siang ini, kapan lagi bisa lihat beginian live kaan,” ucap Ema, guru Sekolah Menengah Hidayatullah (SMH) Putri.

Selama ini Hannah, putrinya yang masih berumur 3 tahun seringkali diajak menunggang kuda (fun riding) di lokasi stable Ummulqura Sariyyah, milik Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan.* (Abu Jaulah/MCU)