Semarak Halaqah Kubra Hidayatullah Sulbar untuk Kuatkan Stamina Dakwah

POLMAN (Hidayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Sulawesi Barat (Sulbar) baru saja menuntaskan agenda silaturrahim dai bertajuk Halaqah Kubra mengangkat tema “Urgensi Halaqah dalam Tarbiyah dan Dakwah” digelar di Kampus Pondok Pesantren Hidayatullah Basseang, Jalan Poros Pinrang-Polman, Kecamatan Duampanua, Kabupaten Polewali Mandar (Polman), Sulbar, Sabtu-Ahad, 25-26 Rabiul Akhir 1444 (19-20/11/2022).

Ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Barat, Mardhatillah, dalam keterangannya mengatakan agenda ini merupakan momentum istimewa untuk menginjeksi stamina para kader dai dalam menyambut seruan dakwah dan tarbiyah umat.

“Selain bersilaturrahim untuk mengkonsolidasi gerakan kesempatan ini diharapkan juga menjadi semacam recharge agar stamina dan kebugaran tetap terjaga. Karena kerja kerja dakwah ini memang butuh nafas panjang,” kata Mardhatillah.

Mengutip salah satu misi Hidayatullah, Mardhatillah menegaskan bahwa melahirkan kader yang berkualitas memang memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang tidak sedikit.

“Membangun komunitas unggul tidak hanya puas dengan keberhasilan pribadi dan keluarga, tetapi dia dipersiapkan untuk bisa ekspansi bukan hanya secara regional dan nasional, tetapi juga komunitas unggul dipersiapkan untuk bisa go-internasional,” katanya.

Mardhatillah menyatakan bahwa sami’na wa atha’na itu memang sangat berat bagi orang-orang yang tidak mempunyai imam dan keyakinan. Sehingga bagi para kader harus dimodali dengan keberadaan konsep dan aplikasi dengan pola sistematika wahyu.

Kemudian, sambungna, bahwa ketaatan juga harus berada dalam bingkai jamaah dan kepemimpinan yang terstruktur tanpa menafikan kultural.

“Tantangan yang kita hadapi sekarang tidak ada artinya jika dibandingkan dengan tantangan yang dihadapi oleh para pejuang pendahulu kita,” tutupnya.

Halaqah Kubra kali ini lebih semarak dibandingkan kegiatan yang serupa sebelumnya, sebab, selain dihadiri para kader, juga hadir menyemarakkan ketua DPW Hidayatullah Sulawesi Selatan, Nasri Bohari, bersama jajarannya.

Selain itu juga dihadiri ketua Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah Ust. Dr. Tasyrif Amin, M.Pd.I serta Ketua Dewan Murabbi Wilayah (DMW) Hidayatullah Sulawesi Barat Ust. Drs. Muhammad Na’im Thahir.

Halaqah kubra yang diikuti oleh kader sekitar 80 orang ini juga dimeriahkan dengan kompetisi futsal memperebutkan kembali piala bergilir DPW Hidayatullah Sulbar Cup 2.

Tampil sebagai pemenang adalah tim futsal DPD Pasangkayu yang menumbangkan tim futsal Halaqah Mamuju 3 yang harus puas sebagai runner up dengan skor 5-2. Sedangkan juara 3 adalah tuan rumah DPD Hidayatullah Polman dan juara harapan 1 adalah DPD Hidayatullah Mamuju Tengah.

Tim Futsal DPD Hidayatullah Pasangkayu merebut piala bergilir DPW Hidayatullah Sulawesi Barat Cup 2 yang sebelumnya dipegang oleh Tim Futsal Halaqah Wustha Mamuju 2.

Halaqah kubra yang merupakan program rutin dua kali setahun pada Departemen Perkaderan DPW Hidayatullah Sulawesi Barat.

Lewat tangan dingin ketuanya, Najamuddin, program halaqah kubra berjalan lancar dan sukses yang dimotori oleh Ketua panitia lokal Ketua DPD Hidayatullah Polewali Mandar, Muhammad Taufik Malik.*/Bashori, Massiara