Rakerwil Kalteng, Kabid PPO Ajak Kader Angkat Program Besar

PULANG PISAU (Hidayatullah.or.id) — Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Kalimantan Tengah (Kalteng) telah melaksanakan Rapat Kerja Wilayah (Rakerwil) di Pondok Pesantren Hidayatullah Kabupaten Pulang Pisau, Kalteng, pada Jum’at-Sabtu, 28-29 Jumadil Akhir 1444 (21-22/1/2023).

Ust. Asih Subagyo, M.Kom, sebagai utusan Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah dalam pidato pembukaan mewakili Ketua Umum, menjampaikan betapa pentingnya kader untuk mengangkat program-program besar sambil menyitir statemen Pimpinan Umum Hidayatullah, “Mari kita mengangkat program besar, sebagai bukti bahwa Allah maha besar”.

“Dengan adanya program besar maka kita akan mengedepankan prinsip plan your work, work your plan (rencanakan apa yang akan dikerjakan dan kerjakan apa yang direncanakan),” katanya.

Sebab, menurut Ust. Asih menjelaskan, seringkali dijumpai dalam jaringan organisasi yang tidak tertib dalam melaksanakan program yang telah direncanakan, bahkan mengangkat program baru yang tidak direncakanan, akibatnya program yang telah direncanakan gagal, dan program barupun tidak berjalan optimal.

Oleh karenanya, ditekankan pula bahwa setelah musyawarah berlangsung dengan merumuskan program-program kerja yang disepakati, dilanjutkan dengan mujahadah yang maksimal dengan menerapkan kaidah manajemen modern dan diakhiri dengan munajat, dimana berharap bimbingan dan hidayah Allah dalam setiap melaksanakan program dan juga aktifitas lainnya.

Akhirnya Ust. Asih juga menyampaikan pentingnya doa jamaah, sehingga tidak gampang mengklaim bahwa keberhasilan yang telah dilakukan itu karena kecerdasan, kepandaian, kepintaran diri sendiri atau hanya sekelompok orang.

“Tetapi, bisa jadi keberhasilan DPW Kalteng dan seluruh jaringannya itu, berkat doa doa dari berbagai wilayah, dan terutama doa dari Bapak Pimpinan Umum,” katanya.

Selain dihadiri 7 pengurus dari Dewan Pengurus Daerah Hidayatullah (DPD) se Kalteng, juga dihadiri unsur Dewan Pengurus Pusat, Dewan Murabbi Wilayah (DMW), Muslimat Hidayatullah, Pemuda Hidayatullah, BMH, Posdai dan Kampus Madya Palangkaraya.

Selain itu juga mengundang Bupati Pulang Pisau yang diwakili oleh Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra H. Edy Purwanto Casmani, Kapolres Pulang Pisau AKBP Kurniawan Hartono, Ketua PDM Pulang Pisau H. Supardi, Ketua PCNU Ust. Nasrun Rambe, Camat Kahayan Hilir dan tamu undangan lainnya.

Dalam sambutannya, H. Edi Casmani yang mewakili Bupati Pulang Pisau, menyampaikan betapa pentingnya membangun kehidupan beragama di Pulang Pisau.

Sehingga, lanjut dia, kehadiran ormas Islam termasuk Hidayatullah merupakan wahana untuk menciptakan keharmonisan kehidupan berbangsa dan dalam rangka mendukung pembangunan Kabupaten Pulang Pisau pada khususnya, dan bangsa Indonesia pada umumnya.

Sementara itu Ust. H. Muhyidin Nur Rabbani, Ketua DPW Hidayatullah Kalteng dalam sambutannya juga menekankan pentingnya menjaga soliditas organisasi agar, semua program yang akan disusun nanti merupakan ikhtiar bagi segenap jajaran pengurus dan kader di Kalteng untuk merealisasikan kebijakan yang telah digariskan di pusat.

Sedangkan Ketua DMW Kaltim, Ust. Kisman, juga menekankan berapa pentingnya menjaga ibadah dan ruhiyah bagi semua kader, serta senantiasa melaksanakan Gerakan Nawafil Hidayatullah, sebasgai benteng untuk mengarungi hidup dan kehidupan.

Sebelum penutupan hadir Ust. Muhammad Arfan AU, Ketua Silatnas 2023 yang sedang menyelesaikan Desertasinya di UIN Antasari, meluangkan waktu melakukan sosialisasi terkait dengan Silatnas 2023. Arfan hadir bersama Ust. H. Zulkifli Mansur Salbu (Ketua DPW Kalsel), dimana jarak Kabupaten Pulang Pisau dengan Banjarbaru hanya 2,5 jam.*/Yacong B. Halike