Jaga Ibadah untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh Hadapi Covid-19

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Departemen Kesehatan DPP Hidayatullah, dr Fathul Adhim, M.KM, mengatakan meningkatkan spiritualitas yang tinggi merupakan langkah yang paling baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Dia mengatakan, salah satu cara yang efektif agar kita tidak mudah tertular oleh Covid-19 adalah memperkuat antibody badan kita, yaitu dengan meningkatkan imunitas diri dengan memperbanyak berdo’a dan meningkatkan kualitas ibadah kita.

“Sebab dengan meningkatkan spiritualitas yang tinggi merupakan langkah yang paling baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita,” katanya dalam keterangan diterima media ini, Jum’at (10/4/2020).

Alhamdulillah, katanya, di Hidayatullah setiap kader ditekankan melakukan 5 Ibadah Nawafil yaitu solat lail 11 rakaat, membaca Al-Qur’an minimal 1 juz, sholat sunnah Rawatib minimal 10 rakaat, Wirid pagi- sore berstandar, dan Infaq harian yang kesemua ibadah tersebut sangat baik untuk meningkatkan imunitas kita.

Selain itu, dia menambahkan, selain meningkatkan spiritualitas, perlu upaya yang lain yaitu mengkonsumsi makanan 3 kali dengan menu bergizi. Selain Nasi, pastikan ada sayur mayur sebanyak minimal 1 mangkok kecil, lauk pauk dan buah-buahan yang dimakan 1/2 atau 1 jam sebelum atau sesudah makan yang jenisnya berbeda setiap kali makan.

Dia juga menyarankan meminum 2-3 liter perhari. Usahakan bangun tidur sebelum sholat lail meminum 2-3 gelas ukuran 250 ml air hangat serta mengkonsumsi madu 2-3 sendok makan setiap sebelum dan sesudah bangun tidur.

Istirahat yang cukup juga perlu diperhatikan. “Tidur sekitar 5-6 jam dan usahakan sebelum pukul 22.00 sudah tidur agar istirahat malam cukup dan bisa bangun shalat lail,” katanya.

Dia menyarankan juga melakukan olahraga ringan seperti jalan sehat selama 15-30 menit dibawah terik matahari sekitar pukul 08.00-09.00. Selain itu, bila perlu ditambah dengan melakukan bekam tiap bulan khususnya di tanggal 17 atau 19 , 21 bulan hijriah, meminum vitamin C dan E perhari 1 tablet, habbatussauda, miinum minuman herbal seperti Jahe, kunyit, temulawak, Sambiloto dan minuman herbal lainnya dan melakukan Fashdu.

“Selain upaya di atas, usahakan kita tidak melakukan pekerjaan yang membuat sangat lelah, termasuk menghindari perjalanan jauh sehingga membuat tubuh kita merasa lelah,” kata Fathul.

Dia menerangkan, tubuh yang lelah, memudahkan kuman menyerang tubuh kita termasuk tertularnya Covid 19. Tentunya melakukan sosial distance, menjaga kebersihan diri dan lingkungan juga harus dilakukan.

“InsyaAllah dengan upaya upaya di atas kita terhindar dari tertularnya Covid 19 yang menghantui kita semua. Semoga Allah SWT selalu melindungi diri dan keluarga kita termasuk para mujahid dan kaum muslimin di seluruh dunia. Aamiin,” pungkasnya.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.