Bahagianya Ojol Bisa Bekerja Sambil Tetap Belajar Mengaji

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — “Alhamdulillah, saya bersyukur sekali ada program ini sehingga saya bisa belajar mengaji di sela-sela kerjaan,” ujar Dede Suryana pada pertemuan perdana program Ojol Mengaji yang bertempat di The Jayakarta House, Jalan Haji Samali No. 67, Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (05/09/2019) malam.

Dede salah satu dari sekian driver ojek online (ojol) yang terdaftar sebagai peserta pada program Ojol Mengaji yang diinisiasi oleh The Jayakarta House di bawah naungan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Hidayatullah Jakarta Selatan.

Kesehariannya dalam mencari rejeki sebagai driver tidaklah menyurutkan semangatnya untuk mempelajari Al-Quran sehingga kemudian mendorongnya untuk mendaftarkan diri pada program ini.

Pada pertemuan perdana ini, hadir sebagai pengarah dan pemateri, penanggung jawab program dan juga Ketua Departemen Dakwah dan Tarbiyah DPD Hidayatullah Jakarta Selatan, Ust Amin Insani.

Dalam sambutannya, Amin menegaskan, bahwa kewajiban mempelajari Al-Quran adalah kewajiban bagi setiap muslim, terlepas dari apapun latar belakang pekerjaannya.

Kemudian, lanjut dia, The Jayakarta House siap memfasilitasi tempat bagi pembelajaran Al-Quran tersebut dan menyediakan sumber daya pengajar Al-Quran yang kompeten dari dai-dai Hidayatullah.

Program Ojol Mengaji ini adalah gagasan dari salah seorang anggota El-Mahalli (Mahasiswa Hidayatullah di LIPIA), Chairy, yang kesehariannya bekerja sampingan sebagai driver ojol di sela-sela aktivitas utamanya sebagai mahasiswa di LIPIA.

Dalam perjalanannya, Chairy mendapati bahwa banyak driver ojol yang punya kemauan kuat untuk belajar Al-Quran namun kesulitan mencari tempat dan pengajar yang pas dan sesuai dengan profesi mereka. Beberapa dari mereka meminta tolong kepada Chairy untuk membantu mencari program yang tepat.

Hal tersebut kemudian Chairy sampaikan kepada Ust Ryan dan Ust Suwito, ketua dan sekretaris DPD Hidayatullah Jakarta Selatan.

Gayung bersambut, gagasan tersebut direspon dengan cepat oleh DPD Hidayatullah Jakarta Selatan yang kemudian menginisiasi program ini dan menugaskan Ust Amin sebagai penanggung jawab dan Chairy sebagai koordinator pendaftaran driver yang ingin bergabung ke dalam program.

Dalam pertemuan pertama ini, dibahas bersama mengenai kesiapan para driver dan keluangan waktu mereka yang kemudian akan diakomodir menjadi jam-jam pembelajaran beberapa kali setiap pekannya.

Pada lain tempat, Ust Ryan sebagai ketua DPD Hidayatullah Jakarta Selatan dalam pernyataannya berharap program ini dapat menjadi program unggulan The Jayakarta House pada bidang dakwah yang manfaatnya dapat secara efektif dirasakan oleh mereka yang memang membutuhkan sentuhan dakwah dalam padatnya aktifitas kerja keseharian.*/Ahmad D. Rajiv

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.