Keindahan Alam Kawasan Wadi Barakah Pesantren Hidayatullah Tompobulu

MAROS (Hidayatullah.or.id) — Kawasan pengembangan agrowisata Wadi Barakah di kawasan Pondok Pesantren Tahfidz Putra Hidayatullah Tompobulu memiliki panorama yang indah dan mengesankan. Hal ini pun diakui Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (Ketum DPP) Hidayatullah Dr KH Nashirul Haq Lc MA yang belum lama ini menyempatkan berkunjung ke kawasan itu yang berlokasi di Tompobulu, Pucak, Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan.

Nashirul mengaku terpesona dengan bentangan alam yang indah dan komplit dimiliki area agrowisata Wadi Barakah yang berada dalam kawasan pengembangan dari Ponpes Hidayatullah Tompobulu.

“Masyallah, ini lengkap jannatin tajri min tahtiha al-anhar (surga yang di dalamnya mengalir sungai-sungai),” ujarnya mengilustrasikan kekagumanya saat memandang lembah hijau Wadi Barakah yang terdiri dari panorama hutan, persawahan, kebun dan sungai yang mengalir di tengahnya.

Kunjungan ulama muda alumnus Universitas Madinah itu sebelum bertolak ke Jakarta usai sehari sebelumnya hadir meresmikan Masjid Al Fatih, Belawa, Wajo.

Ia didampingi Ketua DPW Hidayatullah Sulsel Ust Drs Nasri Bukhari MPd dan jajaran, diterima oleh Ketua Yayasan Albayan Hidayatullah Makassar Ust Suwito Fatah MM beserta jajaran.

Nashirul menaruh harapan dan optimis kawasan pesantren seluas 21 hektar, yang dibelah oleh bakal jalan provinsi itu, menjadi kawasan terpadu pendidikan berkualitas dan agrowisata yang diminati.

Wadi Barakah akan menjadi kawasan agrowisata untuk outbond, camping, penginapan villa dengan nuansa wisata spiritual. Saat itu sudah ditanam ratusan bibit berbagai buah-buah mulai dari jampu crystal, alpokat hingga durian.

Pengembangan agrowisata Wadi Barakah di kawasan Pesantren Hidayatullah Tompobulu atas inisiatif Ketua Dewan Pembina Yayasan Albayan Ust Dr Abd Aziz Qahhar Mudzakkar MSi, seiring ditetapkanya Tompobulu sebagai kawasan agrowisata oleh Pemprov Sulsel bersama Pemkab Maros.

Hadir pula pada kunjungan itu Arsitek master plan kawasan Hidayatullah Tompobulu Ir Muaz Yahya, Bendahara DPW Hidayatullah Sulsel Ust Kadir MM, Ketua STAI Albayan Hidayatullah Dr Irfan Yahya ST MSi.*/Firmansyah Lafiri – AMC