Memanifestasikan Islam Dalam Lingkungan Keluarga

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Kepala bidang tarbiyah Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah Ustad Dr. Tasyrif Amin, M.Pd menyebutkan bahwa Allah mengutus Nabi Muhammad SAW tidak lain ialah menjadikan islam Nampak/termanifestasikan. Ia mengatakan salah satu usaha yang paling mendasar dalam memanifestasikan islam ialah dimulai dari diri sendiri dan juga keluarga.

“Sejatihnya Allah SWT mengutus Rasul dan mewahyukan alquran untuk dimanifestasikan dalam kehidupan sehari-hari dan bentuk usaha paling mendasar dari hal tersebut ialah dimulai dari diri sendri dan juga keluarga” terangnya.

Menurut Tasyrif ada empat hal yang mendasar dalam membangun manifestasi islam pada diri dan keluarga. Empat hal tersebut ialah: tempat tinggal, rancangan kurikulum, lingkungan komunitas yang baik, dan juga perencanaan ekonomi untuk Pendidikan anak.

Ia menjelaskan bahwa tempat tinggal merupakan satu hal yang sangat esensial, rempat tinggal yang baik ialah tempat tinggal yang dekat dengan masjid. Seorang kepala keluarga setidaknya bisa dan berusaha mencari tempat tinggal yang dapat menjangkau masjid. Karena hal itu jua diampaikan nabi bahwa orang beriman ialah orang yang mondar mandir ke masjid.

“Seorang kepala setidaknya bisa menjaga generasinya dari ganguan-ganguan virus. Tempat tinggal yang hubungan horizontalnya serta vertikalnya selalu mendapat barokah dari Allah SWT” jelasnya.

Selanjutnya ialah, kewajiban seorang kepala keluarga harus bisa merancang Pendidikan yang kurikulum dasarnya harus menuju Allah SWT.

“Seorang Kepala Keluarga harus bisa merancang bagaimana Pendidikan genarasinya selalu berujung pada mentauhidkan Allah” ucapnya.

Lingkungan juga dapat mewariskan Pendidikan kepada anak secara tidak langsung. Anak tentunya tidak berada di rumah selama 24 jam. Tentunya karakter seseorang tergantung pada siapa dia berteman. Maka tentunya sangat penting bagi keluarga memilih tinggal di komunitas yang islami.

“Sangat penting untuk memilih komunitas tempat tinggal yang baik untuk pergaulan generasi. Karena karakter seseorang dapat tumbuh dan terbentuk sebagaimana pada siapa ia berteman atau bersosialisasi” jelasnya.

Tasyrif juga mengatakan bahwa keluarga setidaknya meyiapkan ekonomi Pendidikan untuk sgenerasinya. “Kita setidaknya menyiapkan ekonomi agar Pendidikan generasi kita mendapatkan yang terbaik” pungkasnya. *Amanjikefron

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.