Muslimat Hidayatullah Sulbar Gelar Daurah Marhalah Ula

MAMUJU (Hidayatullah.or.id) – Pengurus Wilayah Muslimat Hidayatullah Sulawesi Barat (PW Mushida Sulbar) menggelar Daurah Marhalah Ula bertempat di Aula Kampus Madya Hidayatullah Mamuju selama 3 hari, 25-27 Muharam 1443 (3-5/9/2021).

Program tersebut terselenggara atas kerjasama seluruh Pengurus Daerah serta dukungan penuh dari organisasi induk. Kegiatan yang mengangkat tema “Mencetak dan Meningkatkan Kualitas Kader Muslimat Hidayatullah Menuju Kuatnya Keluargan Qur’ani” ini menghadirkan tiga orang pemateri.

Mereka adalah Ustadz Abdurrahman Hasan, S.Pd.I (DMW Sulbar), Ustadzah Miftah Assa’adah, S.Pd.I (PP Mushida) dan Ustadzah Emilyasari, S.H.I (MMW Sulbar).

Hadir dalam pembukaan Ketua Yayasan Pendidikan Cerdas Mandiri (YPCM) Hidayatullah Mamuju, Ustadz Najamuddin, M.Pd memberikan sambutan, sekaligus membuka secara resmi. Beliau mewakili Ketua DPW Hidayatullah Sulbar karena berhalangan.

Dalam sambutan Ketua Departemen Perkaderan DPW Hidayatullah Sulbar ini, menekankan perlunya loyalitas, integritas dan pengorbanan seorang kader kepada organisasi dan kepemimpinan.

“Selanjutnya, kepemimpinan dalam sebuah organisasi dalam istilah internal Hidayatullah yaitu imamah jamaah harus diaplikasikan dalam keseharian kita. Kemudian, bagaimana menjaga ukhuwah serta mujahadah dalam upaya mengupgrade kualitas diri. Yang ketiga, adalah bagaimana untuk kemudian bisa lebih aktif lagi dalam berhalaqah,” kata Ust Najam.

Ustadz Najam, begitu biasa dipanggil, menambahkan pula bahwa Muslimat Hidayatullah harus mampu memberi penguatan visi Mushida. Yaitu, bagaimana membangun keluarga Qur’ani yang dimulai dari rumah masing-masing.

Sebab, terangnya, dengan memulai dari rumah dengan sendirinya anak-anak dan anggota keluarga lainnya dapat tersentuh dan mentransformasikan nilai-nilai al-Qur’an dalam diri dan keluarga.

Turut memberikan sambutan dalam acara pembukaan tersebut Ketua Pengurus Wilayah (PW) Mushida Sulawesi Barat sebagai penyelenggara, Ustadzah Salbiana, S.Pd.

“Pengurus Wilayah Mushida Sulbar menggelar Daurah Marhalah Ula ini untuk yang pertama kalinya dalam kepemimpinan kami,” kata Salbiana.

“Alhamdulillah, kita berdoa daurah ini berjalan lancar dan sukses, tanpa ada kendala yang berarti.” pungkasnya

Ketua Pengurus Daerah Mushida Mamuju sebagai shahibulbait Ustadzah Siti Ramlah menyambut baik pelaksanaan Daurah Marhalah Ula ini.

“Terima kasih yang setinggi-tingginya karena Pengurus Wilayah sudah memberikan kepercayaan dan amanah kepada kami. Yang kedua, kami menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya sekiranya ada hal-hal yang kurang berkenan,” harap beliau dalam sambutannya.

PW Mushida Sulbar dalam daurah kali ini mampu menghadirkan tidak kurang dari 30-an peserta. Mereka berasal dari Mushida Kabupaten se-Sulawesi Barat.

Dalam waktu yang bersamaan pula Pengurus Pusat Mushida juga menyelenggarakan kegiatan serupa yaitu Daurah Murabbiyah Wustha yang bertempat di lantai 2 Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Cipinang, Jakarta.*/Massiara