Pesantren dan Madrasah Jadi Oase Masyarakat Perkotaan

Suasaan pengajian sebelum berbuka puasa di Yayasan Marhamah Pesantren Hidayatullah Jakarta Timur

Suasaan pengajian sebelum berbuka puasa di Yayasan Marhamah Pesantren Hidayatullah Jakarta Timur

Hidayatullah.or.,id – Keberadaan lembaga pendidikan Islam seperti pondok pesantren dan madrasah yang mampu tumbuh pesat di tengah masyarakat perkotaan patut menjadi kebanggaan. Demikian dikatakan Menteri Agama Lukman Hakin Saifuddin.

“Saat ini trend-nya di kota-kota besar seperti Jakarta, Bandung, Surabaya dan lain sebagainya, keberadaan lembaga pendidikan yang berbasis keagamaan seperti pesantren dan madrasah menjadi semacam oase baru masyarakat perkotaan,” kata Menag Lukman Hakim Saifuddin dalam sambutan tertulisnya di Jakarta dikutip laman Kemenag, Selasa (8/9).

Menang, dalam laman Kemenag yang dikutip Rabu mengatakan fenomena ini tentu menjadi sebuah peluang sekaligus tantangan eksistensi lembaga pendidikan Islam kedepan.

“Ke depan, pesantren yang berada di perkotaan tantangannya semakin besar hal ini seiring tuntutan dengan kebutuhan masyarakat perkotaan dalam konteks persaingan modernisasi dan globalisasi,” ujar Menag.

Menag berharap, sebagai lembaga tafaqquh fiddin, dalam konteks pesantren perkotaan, pesantren dapat menjadi pusat konsultasi keagamaan yang berbasis rahmatan lil ‘alamin.
“Pondok pesantren dapat mengajarkan Islam yang ramah, bukan Islam yang marah,” ucapnya. (ybh/hio)