Gelar Rakernas, Laznas BMH Optimalisasi Sistem Informasi

SOLO (Hidayatulah.or.id) – Rakernas BMH Bahas Optimalisasi Sistem Informasi untuk Tingkatkan Kinerja Lembaga Amil Zakat Nasional Baitul Maal Hidayatullah (Laznas BMH) menggelar kegiatan tahunan dalam menyongsong perhelatan zakat pada tahun 2018 yaitu Rapat Kerja Nasional (Rakernas) mengangkat tema “Optimaslisasi dan Pengembangan Sistem Informasi Teknologi untuk Meningkatkan Kinerja BMH”.

Rakernas BMH 2018 ini berlangsung selama 4 hari 3 malam yang bertempat di Hotel Syariah Solo – Surakarta, Jawa Tengah, yang dibuka pada Selasa (14/11/2017).

Rapat kerja ini diikuti oleh seluruh jajaran manajemen BMH secara nasional berikut hadir juga pada acara yang sama seluruh pengawas BMH perwakilan se Indonesia yang terdiri dari 120 Amil dan 28 Pengawas.

Kegiatan pembukaan rakernas BMH berjalan khidmat. Berbagai rangkaian kegiatan terus menghiasi tahapan acara demi acara. Dimulai dengan pembacaan Kalam Ilahi oleh salah satu Santri Binaan BMH Jawa Tengah Muhammad Hafidz Husein.

Kemudian dilanjutkan dengan sambutan-sambutan yang disampaikan oleh Ketua Dewan Pembina BMH Ust. Nashirul Haq, MA, dan Ketua Umum BMH Ust. Marwan Mujahidin.

Dalam sambutannya Ust. Nashirul Haq menekankan pentingnya menjaga kualitas ruhani dengan selalu meningkatkan kuantitas dan kualitas ibadah kepada Allah Ta’aala.

Ketua Dewan Pembina sekaligus Ketua Umum DPP Hidayatullah ini juga menambahkan bahwa zakat menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan umat Islam.

“Kita harus camkan dalam diri seorang amil bahwa amil adalah juga bagian dari dai yang mana juga melakukan dakwah melalui edukasi zakat kepada masyarakat,” imbuhnya.

Beliau melanjutkan, zakat adalah salah satu kekuatan yang dapat menopang tegaknya peradaban Islam. Karenanya beliau berharap para dai amil terus melakukan pergerakan sosialisasi zakat bahkan menjadi amanat yang diemban seluruh Laznas yang ada di Indonesia.

Selaras dengan itu, Ketua umum BMH Marwan Mujahidin setelah menyampaikan beberapa progress report kinerja BMH pada 3 tahun terakhir, mengatakan bahwa era ini adalah eranya teknologi informasi yang dinilai terus mengalami perkembnagan dahsyat.
Tentunya, terang dia, dengan realitas tersebut akan semakin mendorong BMH berkonsentrasi untuk terus melakukan inovasi untuk meningkatkan kinerja baik dari aspek pelayanan, perhimpunan, pendayagunaan dan sebagainya.

“Komitment BMH untuk tahun 2018 adalah bagimana dapat menyediakan sebuah sistem informasi terbaik dalam segala aspek berbasis Informasi teknologi yang terintegrasi sehingga akan dengan mudah memberikan layanan terbaik baik kepada mustahik ataupun kepada muzakki,” kata Marwan.

Marwan menitip pesan kepada seluruh amil BMH se-Indonesia untuk terus meningkatkan layanan dan kinerja dalam mensyiarkan ZISWAF kepada masyarakat di Indonesia.

“Dan kepada para muzakki, dermawan yang ada di seluruh Indonesia besar harapan kami memberikan dukungan untuk terus bersama memberikan kontribusi dan perubahan nyata untuk kehidupan masyarakat indonesia yang lebih baik mulia dan bermartabat,” pungkasnya.

Penyelenggaraan Rakernas BMH yang digelar di Kota Solo ini didukung banyak pihak diantaranya Bank Mandiri KCP Surakarta, Telkomsel dan MTT Area Jateng-DIY, Syariah Hotel Solo, PT Mulia Mandiri Nusantara Raya Jakarta dan Rektor Universitas Sukoharjo. (ybh/hio)

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.