Berorganisasi Harus Memberikan Manfaat, Tidak Boleh Sekadar Nama Saja

Imam Nawawi, Ketua Umum Pemuda Hidayatullah

DEPOK (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Pemuda Hidayatullah, Imam Nawawi mengatakan bahwa dengan banyaknya persoalan yang dihadapi bangsa saat ini seperti kemiskinan, putus sekolah, bencana pandemi sesungguhnya tidak akan bisa dilakukan sendiri-sendiri. Menurutnya dibutuhkannya upaya bersama terutama dari kaum milenial untuk bergerak dalam visi berorganisasi. Hal tersebut disampaikan saat acara webinar pertama pra Munas pada kanal YouTube HidayatullahID (12/9/2020).

“Banyak tantangan dan persoalan bangsa yang setiap hari muncul. Tentunya dibutuhkan upaya bersama untuk menyelesaikan persoalan ini” ucapnya.

Imam menjelaskan bahwa sebenarnya jikalau melihat perkembangan zaman teknologi untuk saat ini. Sesungguhnya manusia bisa saja bersantai-santai dan tidak lagi banyak melakukan aktivitas. seperti memesan makanan dapat melalui cara daring, belajar jarak jauh dan sebagainya. Namun, Imam mengatakan bahwa sesungguhnya kehidupan itu bukan sebatas memenuhi kebutuhan pribadi saja, banyak hal yang mestinya bisa dilakukan bersama.

“Tentunya sebagai manusia, kita tidak dapat melakukan apa saja secara sendiri secara terus menerus, karena hal tersebut sebagai konsekuensi menjadi manusia. Akan banyak hal yang bisa dilakukan jika kita bersama-sama” jelasnya.

Hal tersebutlah yang menjadikan alasan mengapa organisasi sangat penting terlebih lagi dikalangan milenial. Imam mengatakan bahwa sesungguhnya Islam bisa besar hingga saat ini berasal dari kekuatan organisasi jama’ah. ia menjelaskan bagaimana sesungguhnya sistem organisasi seperti layaknya tubuh manusia.

“Organisasi itu layakanya tubuh manusia. Yang terbagi menjadi beberapa bagian dengan fungsi dan kelebihannya masing-masing. Sesungguhnya kita akan merasakan kemanafatan yang sangat besar jika setiap fungsi itu berjalan dengan baik” terang Imam.

Lalu, imam mengatakan bahwa sesungguhnya organisasi juga harus memberikan manfaat yang besar kepada masyarakat. Tidak boleh sekadar sebatas nama saja.

“Organisasi harus benar-benar menampakkan jati dirinya. Tidak boleh sekadar nama saja. Sehingga upaya menebarkan manfaat dapat berjalan dengan baik” lanjut imam “organisasi milenial sesungguhnya harus mampu berfikir jauh ke depan atas apa yang akan terjadi dan juga berpikir kritis. Sehingga persoalan-persoalan yang akan dan sedang dihadapi bangsa dapat segera teratasi” AmanjiKefron

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.