Hidayatullah Makassar Wakili Sulsel Seleksi Ponpes Unggulan Festival Ekonomi Syariah KTI 2021

MAKASSAR (Hidayatullah.or.id) –– Pesantren Hidayatullah kampus utama Makassar terpilih mewakili pondok pesantren se-Sulsel mengikuti seleksi program Ponpes Unggulan tingkat nasional.

Ponpes yang dibina Yayasan Albayan Hidayatullah itu menjadi wakil Sulsel dan regional Sulawesi untuk program pengembangan ekonomi dan kemandirian pesantren pada Festival Ekonomi Syariah KTI 2021 dari Bank Indonesia (BI).

“Alhamdulillah tentunya ini kepercayaan dari lembaga BI yang membanggakan kami dan menjadi motivasi mewujudkan visi Ponpes Hidayatullah Makassar yang unggul dan maju untuk semua bidang dan program yang dilaksanakan,” jelas Ketua Yauasan Albayan Hidayatullah Makassar, Ust Suwito Fatah MM di sela proses penelian secara daring, Jumat (23/7/2021).

Kegiatan ekonomi dan kemandirian Ponpes Hidayatullah Makassar yang diikutkan pada seleksi itu unit konveksi, Albayan Konveksi.

Albayan Konveksi belum lama ini juga dipercaya oleh Bank Indonesia menjadi peserta pada expo ekonomi syariah di Trans Mall. Menampilkan berbagai produk busana muslimah hingga seragam sekolah.

Albayan Konveksi merupakan salah satu unit usaha yang dikembangkan Yayasan Albayan untuk kemandirian ekonomi pondok. Selain peternakan ayam (Albayan Ternak) dan Rumah Pemotongan Ayam, hingga unit rumah makan cepat saji bekerjasama dengan Om Chick Resto.

Ketua Departemen Ekonomi Yayasan Albayan Hidayatullah Ust Alyas mengungkapkan dari penjurian awal seleksi ponpes unggulan iti ditetapkan empat ponpes terbaik yakni Ponpes Yatofa NTB, Ponpes Abdussalam Kalimantan Barat, Ponpes Hidayatullah Makassar Sulsel dan Ponpes Ushuludin Kalimantan Selatan.

Indepth interview kepada empat ponpes terbaik itu oleh Dr Basniang Said dari Kemenag, Dr Yasmine Nasution akademisi UI dan Dr Yono Harsono dari BI.*/Firman L