Teguhkan Jatidiri Kader, Rakornas DMP Digelar di Hidayatullah Balikpapan

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Meneguhkan jati diri kader sebagai murabbi, Dewan Murabbi Pusat (DMP) Hidayatullah mengadakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) dan Pembekalan Dewan Murabbi Hidayatullah di Kampus Induk Hidayatullah Balikpapan, 2-10 Rajab 1443 (04-12/02/2022).

Acara yang berlangsung di Aula Pendidikan Ulama Zuama (PUZ) STIS Hidayatullah tersebut dihadiri oleh seluruh anggota Dewan Murabbi Pusat (DMP) dan Dewan Murabbi Wilayah (DMW) se-Indonesia.

Dalam sambutan tuan rumah, Ustadz Hamzah Akbar mewakili seluruh warga Hidayatullah Gunung Tembak menyatakan rasa syukur atas kepercayaan ditunjuk sebagai tempat pelaksanaan event-event nasional.

Menurut Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah Balikpapan itu, warga Gunung Tembak tak pernah bosan menyambut tamu-tamu yang datang berkunjung. “Apapun agendanya, ini semua adalah kampung dan tempat kembali kita bersama,” ucap Ustadz Hamzah.

Lebih jauh, Ustadz Tasyrif Amin, Ketua DMP Hidayatullah menjelaskan dalam acara Pembukaan Rakornas tersebut tentang peran penting murabbi. Murabbi disebutnya berperan sentral dalam mengkoordinasi dan melahirkan alat peraga tarbiyah dakwah.

“Murabbi ialah sosok manusia yang memberi uswah (teladan). Ia sebagai etalase jati diri kader dakwah. Lihat saja para murabbi jika ada yang bertanya soal jati diri kader dakwah,” jelas ustadz yang menyandang doktor bidang pendidikan itu.

Ustadz Tasyrif meyakini, jika transformasi jati diri mulai dari kompetensi materi, integritas, spritualitas, hingga kultur kelembagaannya hidup, niscaya sosok demikian itu layak menjadi murabbi teladan di lingkungan sekitarnya.

“Itulah yang paling dibutuhkan dalam proses transformasi nilai-nilai tarbiyah dan dakwah ini,” lanjutnya.

Acara Pembukaan Rakornas dan Pembekalan Dewan Murabbi tersebut dihadiri oleh Pemimpin Umum Hidayatullah KH Abdurrahman Muhammad, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Dr. Nashirul Haq, MA, serta Majelis Penasihat Hidayatullah Ustadz Muhammad Hasyim dan Ustadz Abdul Qadir Jaelani.

Turut hadir pula, Ketua Bidang Tarbiyah DPP Hidayatullah Ustadz Abu A’la Abdullah, Ketua Bidang Pelayanan Umat DPP Hidayatullah Ustadz Nursyamsa Hadits serta Ketua Departemen Pengkaderan Ustadz Muhammad Shaleh Usman dan Ketua Departemen Rekrutmen dan Pembinaan Anggota Ustadz Iwan Abdullah.

Diketahui, kegiatan Rakornas Dewan Murabbi kali ini mengusung tema “Meneguhkan Jati Diri Murabbi Menuju Sukses Tarbiyah dan Dakwah”. Selain pengayaan materi jati diri kader, acara tersebut juga diperkaya dengan pendalaman ulumuddin (ilmu-ilmu agama) dan tahsin tilawah al-Qur’an.

Khusus kebutuhan yang terakhir, panitia menyiapkan hingga belasan musyrif (pendamping) yang berkompeten dalam halaqah tahsin atau perbaikan bacaan al-Qur’an para murabbi nanti. Mereka adalah para penghafal al-Qur’an 30 juz dan kebanyakan sudah menyandang sanad bacaan dan hafalan al-Qur’an.*/

Sumber: ummulqurahidayatullah.id