Tingkatkan Kapasitas Lawyer LBH Hidayatullah Menggelar English Camp

CIANJUR (Hidayatullah.or.id) — Dalam rangka meningkatkan kapasitas serta memberikan pemahaman dan wawasan kebahasaan bagi lawyer dan paralegal sebagai bekal menjalankan peran dan fungsinya sebagai pendamping hukum di era 4.0, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hidayatullah mengadakan English Camp.

Program yang bertajuk English Camp for Advocate and Paralegal LBH Hidayatullah ini digelar dimulai pada tanggal 26 Juni hingga 04 Juli 2022 di Ciloto, Kecamatan Cipanas, Cianjur, Jawa Barat, yang diikuti sebanyak 15 orang peserta advokat dan paralegal dari perwakilan LBH Hidayatullah di seluruh Indonesia.

Direktur LBH Hidayatullah Dr. Dudung Amadung Abdullah mengatakan program ini merupakan salah satu dari sekian program LBH Hidayatullah disamping ada program legislasi, edukasi, advokasi, dan rehabilitasi.

“English ini Camp ini bertujuan meng-upgrade kemampuan advokat dan paralegal LBH Hidayatullah dalam berbahasa Inggris” kata Dudung dalam keterangannya, Selasa, 6 Dzulhijjah 1443 (05/7/2022).

Ia menambahkan, kegiatan ini dilakukan sebagai respon atas kepercayaan dari beberapa lembaga internasional terhadap LBH Hidayatullah untuk mendampingi imigran internasional yang sedang berhadapan dengan hukum di Indonesia.

“Kegiatan ini akan berguna untuk negara kita dan saudara muslim kita di seluruh dunia,” tandasnya.

Hersona Bangun, salah seorang peserta camp program intensif bahasa Inggris, mengatakan program ini sangat penting untuk meningkatkan kapasitas lawyer seperti dirinya yang tak jarang harus mendampingi mereka yang membutuhkan bantuan hukum.

“Program ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan kualitas pendampingan hukum terhadap masyarakat khusnya untuk imigran-imigran yang berada di Indonesia,” kata Bangun, peserta camp dari DI Yogyakarta.

LBH Hidayatullah sendiri berkomitmen akan terus menggulirkan kegiatan pemantapan mutu dan kualitas secara sinambung terutama yang berkenaan dengan skil praktis yang dibutuhkan lawyer dan paralegal di era 4.0 saat ini.

“Doakan kedepannya juga ada kelas mentoring khusus bahasa Arab bagi lawyer,” kata Darwiwing, panitia pelaksana. Acara ini disponsori oleh Laznas BMH serta didukung Hidayatullah Institute, STIE Hidayatullah, dan sejumlah pihak lainnya.*/Ainuddin