Hari Raya Idul Adha Hidayatullah Ikut Ketetapan Pemerintah

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Menyikapi perbedaan penetapan tanggal hari raya Idul Adha 1443 H/ 2022, mengikuti ketetapan pemerintah sebagaimana hasil sidang itsbat Kementerian Agama sebagai lembaga khusus Badan Hisab dan Rukyat dengan anggota yang mencakup semua elemen ummat Islam di Indonesia.

“Hidayatullah adalah bagian dari umat Islam. Sikap yang paling tepat sebagai bagian dari pengambil kesepakatan adalah konsisten pada kesepakatan hasil sidang itsbat yang telah menetapkan bahwa Idul Adha 2022 tanggal 10 Juli 2022,” kata Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah DR. H. Nashirul Haq, Lc., M.A.

Hal itu disampaikan ia dalam Surat Edaran DPP Hidayatullah tentang Menyambut Idul Adha 1443 H/ 2022 M yang dikeluarkan di Jakarta, Rabu, 6 Dzulhijah 1443 H (6/7/2022).

Ia menjelaskan, Hidayatullah melalui Majelis Mudzakarah Hidayatullah telah menetapkan Panduan Penetapan Bulan Ramadhan, Syawal dan Dzulhijah (Dalam Prespektif Fikih Jamaah) pada 1432 H/ 2011 M berdasarkan buku panduan tersebut di halaman 30 hingga 41.

Nashirul menambahkan, awal bulan Dzulhijah sebagai momentum luar biasa bagi orang-orang yang diberikan kesempatan berangkat haji.

Dia menyebutklan, 10 Dzulhijah sebagai hari raya yang selalu dirindukan dan membahagiakan bagi orang-orang beriman.

Oleh karenanya, terangnya, penting untuk mengoptimalkan ibadah di bulan Dzulhijah baik bagi yang berkesempatan haji khususnya dan kita semua orang beriman pada umumnya.*/Ainuddin