Jambore Sako Pramuka Hidayatullah Jabar Dibuka Bupati Kuningan

KUNINGAN (Hidayatullah.or.id) — Departemen Pendidikan Dasar Menengah dan Kepesantrenan Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Hidayatullah Jawa Barat menggelar kegiatan Jambore Islamic Super Camp Sako Pramuka Hidayatullah Jabar di Bumi Perkemahan Sidomba Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, yang dibuka bertepatan dengan peringatan Hari Santri, Sabtu, 26 Rabbiul Awal 1444 (22/10/2022).

Acara itu dibuka oleh Bupati Kabupaten Kuningan, Acep Supriatna. Dalam sambutannya, Bupati menyampaikan pesan agar peserta Islamic Super Camp menjaga kesehatan, menjaga lingkungan dan kekompakan.

“Kakak berpesan agar peserta menjaga kesehatan, jaga lingkungan, persatuan dan kesatuan, kekompakan dan kegotongroyongan,” ujar Bupati Acep.

Selain itu, ia juga mengajak santri untuk mengukir sejarah dalam mengisi pembangunan ini. “Karena masih dalam suasana Maulid Nabi dan hari santri. Kakak juga santri, adik-adik juga santri, kita semua santri, kita akan mengukir keberlangsungan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pramuka adalah sosok-sosok garda terdepan untuk melanjutkan sebuah era pembangunan dan kepemimpinan,” papar Acep seraya membaca basmillah dan takbir saat membuka acara tersebut.

Ketua DPW Hidayatullah Jabar, Taufik Wahyudiono turut mengapresiasi. Ia juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu menyukseskan acara tersebut.

“Semoga dengan tema ini adik-adik bisa mencapai dan tumbuh kemampuan, keterampilan pada waktu yang akan datang. Semoga Sako Pramuka Hidayatullah Jabar berkembang dan berprestasi,” katanya.

Sementara itu, Engkus Sutisna, Staf Ahi Gubernur Jawa Barat Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik yang mewakili Gubernur Jabar mengatakan semoga acara ini berjalan lancar dari awal hingga akhir.

“Teristimewa untuk panitia dan peserta, Kakak berpesan, adik-adik ini akan menjadi pelanjut, dan pengisi pos-pos penting pada saatnya, kalian harus mencapai prestasi terbaik dan menjadi insfirasi untuk Indonesia,” imbuhnya.

“Dalam rangka memenuhi perintah Allah supaya tidak menjadi generasi yang lemah, maka Sako Pramuka Hidayatullah harus hadir menjadi wadah kita semua untuk menggembleng diri dan jiwa dan ruhani,” pungkasnya.

Menurut ketua panitia J Haryanto Solin, tujuan diadakan kegiatan ini. “Pertama, untuk meningkatkan karakter spiritual, kemandirian, ketangguhan dan keterampilan. Kedua, memupuk jiwa kepemimpinan, semangat persaudaraan, persatuan dan kesatuan, dalam bingkai nilai-nilai ke Islaman,” ujarnya.

Ketiga, lanjut Haryanto, “Memiliki komitmen terhadap penghayatan dan pengamalan lima program dan lima profil Sako Hidayatullah. Keempat,” Silaturahim, pertemuan dan perlombaan santri Hidayatullah se-Jawa Barat,” katanya.

Acara ini dihadiri sebanyak 600 peserta terdiri dari siswa SD hingga SMA Hidayatullah se-Jabar. Selain itu, hadir juga Ketua Baznas Kuningan, Kwarcab Kuningan, Ketua BMH, Pengurus DPW Hidayatullah Jabar, DPD Hidayatullah Jabar, DMW Jabar dan ketua yayasan Hidayatullah se-Jabar.

Pada momentum tersebut, BMH Jawa Barat yang didukung oleh BJB Syariah, Majelis Telkomsel Taqwa(MTT), BAZNAS Kuningan, BJB Sumber, El Syifa secara simbolis memberikan apresiasi dan penyerahan sarung untuk santri yang juga disaksikan Ka Iman Pramudya Subagja dari Kwarda Jawa Barat.

Acara pembukaan diakhiri dengan pembacaan do’a oleh KH Yayan Sofyan, Ketua BAZNAS Kuningan.*/Dadang Kusmayadi, Asep Juhana