Rakor BUMO Wujudkan Tata Kelola Sehat Tumbuh dan Berkembang

SIDOARJO (Hidayatullah.or.id) — Bidang Perekonomian Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah melaksanakan rapat koordinasi Badan Usaha Milik Organisasi (Rakor BUMO) tahun 2022 dengan tema “Membangun Konsolidasi Badan Usaha Milik Organisasi dalam Mewujudkan Tata Kelola Perusahaan Yang Sehat, Tumbuh dan Berkembang” selama 2 hari di Sidoarjo, Jawa Timur, Rabu-Kamis, 1-2 Rabbiul Akhir 1444/ 26-27 Oktober 2022.

Ketua Bidang Perekonomian Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah Drs. Wahyu Rahman, MM, mengatakan rakor ini sebagai agenda konsolidasi dan koordinasi tahunan, perumusan program kerja dan target 2023 dan untuk membangun kesepakatan-kesepakatan nasional.

Agenda rutin tahunan ini juga membahas peluang perluasan jangkauan pasar dan mengkatalisis sektor ekonomi informal melalui teknologi dibawah PT Hidayatullah Global Corporindo (HGC) sebagai perusahaan induk (holding hompany) BUMO Hidayatullah.

Rakor juga juga memantapkan kesepahaman tentang fungsi, peran, dan kewenganan Hidayatullah Global Corporindo serta kesepakatan mekanisme dan koordinasi antar Hidayatullah Global Corporindo dengan seluruh anak perusahaan.

“Atas rahman dan rahim-Nya, kita semua memiliki kemampuan menyebarkan rahmat pada sekalian alam, mengkonsolidasikan, mengorganisir, dan membangun peradaban untuk kemaslahan dan mendukung seluruh potensi yang ada,” katanya dalam keterangannya kepada media ini, Senin, 7 Rabbiul Akhir 1444 (1/10/2022).

Ia menjelaskan, sebagai Badan Usaha Milik Organisasi, PT Hidayatullah Global Corporindo merupakan representasi dari organisasi Hidayatullah yang berkoordinasi dengan Bidang Perekonomian dalam menggerakkan dan menumbuhkembangkan perekonomian dengan investasi diberbagai anak perusahaan di berbagai bidang usaha.

Meski terbilang baru, HGC memiliki tantangan dalam memenuhi kebutuhan Anggaran Pendapatan dan Belanja Organisasi tingkat pusat, sekaligus peluang yang dalam menyerap pasar captive yang terbentang diberbagai bidang seperti dakwah, social, pendidikan dan ekonomi.

Rakor juga dalam rangka memantapkan bangunan system dan manajemen serta tatakelola beberapa badan usaha milik organisasi lainnya.

“Beberapa perusahaan tersebut dikonsolidasikan agar tata kelola perusahaan sesuai dengan peraturan organisasi tentang Badan Usaha Milik Organisasi, juga agar semakin sehat, mengalami pertumbuhan serta berkembang dan berkontribusi terhadap organisasi,” imbuhnya.

Diharapkan dari Rakor BUMO tahun 2022 perusahaan-perusahaan yang ada semakin solid dalam satu gerakan yang sama dalam integrasi manajemen yang terpusat.

“Juga agar program kerja tahunan BUMO lebih tertata secara sistematis baik program jangka panjang maupun program jangka pendek,” tandasnya.

Rakor ini juga diikuti oleh unsur pengurus Dewan Pengurus Pusat Hidayatullah yaitu Ketua Departemen Ekonomi Kelembagaan/ BUMO Miftahurrahman, Ketua Departemen Keuangan Saiful Anwar, SE, M.E, dan Ketua Departemen Ekonomi Keumatan Ruhyadi.*/Yacong B. Halike