Sambut Silatnas 2023: Tercerahkan Spiritnya Bahagia Pesertanya

Ketua Panitia Pelaksana Silatnas Hidayatullah 2023, Ustadz Dr. (Cand.) Arfan, M.Pd.I, di hadapan ratusan warga dan santri di Masjid Ar-Riyadh, Gunung Tembak, Balikpapan, Ahad (06/11/2022).* [Foto: SKR/Media Silatnas Hidayatullah 2023/MCU]

BALIKPAPAN (Hidayatullah.or.id) – Masih terbilang seratus hari lebih, bukan berarti warga dan panitia boleh berleha-leha menghadapi acara Silaturahim Nasional (Silatnas) Hidayatullah tahun 2023 nanti.

Hal itu ditegaskan oleh Ust. Dr. (Cand.) Muhammad Arfan, M.Pd.I, Ketua Panitia Pelaksana Silatnas Hidayatullah 2023.

Menurutnya, justru semangat yang lebih dulu tertanam tidak boleh dikendorkan dan menjadi santai kembali.

“Jangan sampai semangatnya jadi kendor. Tetap gasspol,” ungkapnya di hadapan ratusan warga dan santri di Masjid Ar-Riyadh, Gunung Tembak, Balikpapan, seperti dilansir laman Ummuqurahidayatullah.id beberapa waktu lalu.

Silatnas Hidayatullah, kata ustadz yang juga diamanahi menggawangi Departemen Sumber Daya Insani Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah ini, harus disambut dengan penuh kegembiraan dan keceriaan.

“Kita sambut Silatnas dengan penuh gembira. Sebab kita akan berjumpa dengan orang-orang berjuang di jalan Allah, para pejuang dakwah dan pejuang kebaikan dari seluruh penjuru daerah,” terangnya penuh semangat.

Untuk itu, selain panitia berkoordinasi secara maraton di setiap bidang, panitia juga berkomitmen untuk hadir secara langsung di lapangan membersamai seluruh warga dan santri dalam membenahi dan menata lingkungan kampus Hidayatullah Gunung Tembak.

Dengan target peserta hingga dua puluh ribu orang, Ustadz Arfan menyebut diperlukan skenario yang matang agar harapan dan tujuan Silatnas bisa tercapai dengan maksimal.

“Paling tidak peserta tahu apa saja gambaran kegiatan dari acara Silatnas nanti,” ucapnya.

Disebutkan, panitia Silatnas akan membagi areal Kampus Induk Hidayatullah Gunung Tembak seluas 138 hektare tersebut dengan beberapa sentra kegiatan.

“Paling utama adalah Masjid (Ar-Riyadh), sebagai pusat kegiatan spiritual atau pencerahan spirit,” ucap Ustadz Arfan yang juga dosen di Sekolah Tinggi Ilmu Syariah (STIS) Hidayatullah.

Kepada seluruh warga dan santri, Ustadz Arfan lalu mengajak untuk mempercepat proses pembangunan masjid yang telah berjalan lama tersebut.

“Ini peluang sekaligus tantangan, bagaimana memenuhi harapan Pemimpin Umum dan kita semua dalam menyelesaikan pembangunan masjid ini,” lanjutnya tetap dengan semangat yang sama.

Untuk itu, Ustadz Arfan membocorkan tagline (semboyan/moto) Silatnas Hidayatullah yang akan digunakan menyemangati seluruh peserta Silatnas nanti. “Tersenyum panitianya, bahagia pesertanya, dan tercerahkan spiritnya,” ungkapnya.

Tampak dari atas mimbar Masjid Ar-Riyadh, Ketua Panitia Pelaksana Silatnas Hidayatullah mengulang beberapa kali dan meminta para warga dan santri mulai menghafal kata penyemangat Silatnas tersebut.

“Kita ulang lagi ya, tersenyum panitianya bahagia pesertanya, dan tercerahkan spiritnya,” sambungnya kembali.

Kaitan dengan itu, Ustadz Arfan terus mengimbau secara umum kaum Muslimin dan Muslimat untuk giat berdonasi menyalurkan infak dan sedekah untuk pembangunan Masjid Ar-Riyadh tersebut.

Adapun donasi bisa disalurkan melalui rekening “Donasi Pembangunan Masjid a.n Panitia Pembangunan Masjid Ar Riyadh” BRI (002) : 7294-01-011048-532.* (Abu Jaulah/Media Silatnas Hidayatullah 2023/MCU)