Ustadz Zainuddin Musaddad: Jiwa Pendidik Melahirkan Kehebatan Guru

Pakar parenting Ustadz Zainuddin Musaddad. [Foto: Media Center UmmulQura Hidayatullah]

BALIKPAPAN (Hidayatullaj.or.id) — Kinerja dan prestasi guru di sekolah itu hanya efek. Ia adalah hasil dari kesuksesan yang tercipta di rumah. Demikian penyampaian Ustadz Zainuddin Musaddad, pegiat parenting dalam acara Seminar Keluarga yang diadakan oleh Lembaga Pendidikan dan Pengkaderan Hidayatullah Balikpapan.

Acara yang mengusung tema “Guru Hebat Sukses di Rumah Berprestasi di Sekolah” ini digelar di Aula Serba Guna Prasmanan, Kelurahan Teritip, Balikpapan, Kalimantan Timur.

Menurut Abah Zain, demikian sapaan akrabnya, asalnya menjadi guru berarti sudah punya ilmu mengajar. Di sana bakat dan minat biasanya sudah menyatu. Ada jadwal, kurikulum, dan juga metode.

“Semua sudah punya aturan SOP. Tapi itu semua tidak bisa melahirkan kehebatan guru kalau tidak ditopang oleh jiwa pendidik,” terang Pendiri Rumah Qur’an Ahlul Jannah, Balikpapan ini.

Lebih jauh, Abah Zain mengingatkan pentingya shalat berjamaah lima waktu dan ibadah-ibadah lainnya sebagai sumber utama kebahagiaan dan kesuksesan manusia.

“Jadi kebahagiaan itulah yang akan memancar dan menghasilkan semangat untuk berbagi manfaat di lingkungannya,” lanjut Abah Zain. “Keteladanan, itu kuncinya,” ucapnya lagi.

Sehingga, masih menurut Abah Zain, kebutuhan keluarga akan Sakinah Mawaddah dan lain sebagainya itu bukan dicari di luar rumah. Ia juga bukan kalimat yang hanya ada di Makkah, Madinah, atau di lapisan langit ketujuh.

“Kebahagiaan itu dicipta di dalam rumah. Ia harus diprogramkan bersama keluarga,” terang anggota Dewan Murabbi Pusat ini kembali.

Acara parenting berlangsung hingga menjelang Zhuhur serta dirangkai dengan silaturahim bakda Hari Raya Idul Adha lalu.

Tampak hadir dalam ruang aula tersebut, Ustadz Hamzah Akbar, Ketua Yayasan Pondok Pesantren Hidayatullah (YPPH) Balikpapan, Ustadz Abdurrohim (Direktur Badan Perencanaan dan Pengkajian Sumber Daya Insani –BP2SDI- Ummul Qura), Ustadz Zaim Azhar (Ketua STIS Hidayatullah), dan ratusan guru dan dosen lainnya.
.
“Alhamdulillah, acara berlangsung lancar hingga selesai. Semoga ini menjadi ikhtiar kita semua, menunaikan amanah sebaga tenaga pendidik agar lebih optimal di tengah masa pandemi sekarang,” ucap Sukman, Penanggung jawab acara.

Terpantau, meski dihadiri oleh ratusan peserta seminar, sejumlah aturan Protokol Kesehatan (Prokes) Covid-19 tetap terlaksana dan diindahkan oleh peserta. “Iya, ini komitmen panitia sejak awal insyaAllah,” tutup Sukman.*/Mujtahidah