Kapal Dakwah PosDai Diserahkan kepada Hidayatullah

KEPULAUAN ARU (Hidayatullah.or.id) — Dai-dai Hidayatullah di Kepulauan Aru, Maluku, kini tak lagi sulit menjangkau beberapa pulau untuk menemui masyarakat Muslim yang tersebar di wilayah perairan tersebut. Pasalnya, pada Sabtu (25/9), sebuah kapal berukuran 11x 2 meter persegi telah mereka terima dari perwakilan mukhlisin yang peduli dengan dakwah pedalaman lewat PosDai Hidayatullah.

Kapal dengan berat 5 ton tersebut diterima oleh Ketua DPW Hidayatullah Maluku, Sulaiman Ismail, disaksikan sejumlah dai Hidayatullah di Dobo, Kepulauan Aru. Menurut Sulaiman, kendala dakwah di Kepulauan Aru selama ini memang transportasi.

“Di Aru ini banyak sekali pulau. Untuk menjangkau masyarakat di sana kami perlu kapal. Alhamdulillah sekarang sudah ada,” jelas Sulaiman usai menerima kapal tersebut.

Ia memberi contoh masyarakat Kampung Jerukin di Pulau Maikoor. Ada 30 KK Muslim di sana, sedang selebihnya, 30 KK lagi, non Muslim. Untuk menjangkau pulau ini diperlukan waktu 4 jam perjalanan dengan kapal kecil dari Dobo.

Beberapa tahun lalu, Sulaiman bertugas di kampung tersebut. Namun, ia dipindah ke Dobo. Sejak itu ia jarang sekali mengunjungi masyarakat binaannya karena ketiadaan kapal. Sementara bila ia menyewa kapal kecil, biayanya bisa besar sekali, yakni Rp 3 juta untuk satu kali perjalanan

Jumadil Akhir, dai muda Hidayatullah yang ditugaskan berdakwah di Kepulauan Aru, menjelaskan rencananya untuk mengunjungi beberapa kampung binaan di sejumlah pulau dengan kapal tersebut.

Selain berdakwah dan bersilaturahim, ia juga ingin mengajak sejumlah anak muda Muslim dari beberapa pulau untuk belajar mengaji di pesantren Hidayatullah, Dobo. Setelah mereka mampu membaca al-Quran dengan baik, mereka akan dikembalikan ke kampungnya untuk mengajar ngaji di sana.

Kabupaten Kepulauan Aru adalah salah satu kabupaten dari total 9 kabupaten ditambah 2 kota di Propinsi Maluku. Wilayahnya membentang sepanjang 185 kilometer dari utara ke selatan dan 90 km dari timur ke barat. Ukurannya hampir sama dengan 2 kali luas Pulau Bali. Luas wilayah perairan 7,6 kali wilayah daratan.

Ada 187 pulau di Kepulauan Aru. Lima pulau terbesar di antaranya adalah Kola, Wokam, Kobror, Maekor, dan Trangan. Kabupaten Kepulauan Aru juga terbagi atas 10 kecamatan, 2 kelurahan, dan 80 desa. (Mahladi)