Hadapi Covid-19 dengan Imun Rohani, Imun Sosial dan Imun Fisik

MAKASSAR (Hidayatullah.or.id) — Di tengah wabah Corona yang melanda seluruh dunia, hal yang penting adalah menjaga imunitas. Setelah kita bermujahadah maksimal untuk terhindar darinya, toh jika virus tersebut bisa masuk ke dalam tubuh kita, kita tetap punya pertahanan diri.

Menurut Ust Abdurrahman Muhammad, Pimpinan Umum Hidayatullah, kita perlu menjaga tiga imunitas dalam menghadapi wabah coronavirus deases (COVID-19) ini.

“Dalam menghadapi Corona ini, kita harus memiliki tiga imunitas. Imunitas Rohani, imunitas sosial dan imunitas fisik,” ungkap beliau, Jum’at (3/4/2020).

Ia menjelaskan, imunitas Rohani yakni dengan memanfaatkan lockdown ini dengan lebih mendekatkan diri kepada Allah. “Perbanyak dzikir, mengaji, dan ibadah sunnah lainnya,” terangnya.

“Jika seorang hafidz Qur’an, maka gunakan waktunya untuk murojaah. Gunakan waktu berdiam di rumah dengan amalan ibadah,” tambahnya.

Kemudian, imunitas sosial, yakni dengan banyak bersedekah. “Jangan ada pribadi yang mencari keuntungan di tengah wabah Corona, menimbun barang, dan kiki,” tegasnya.

“Harus banyak berbagi. Kalau beli barang, jangan lupa bagi ke tetangga,” imbuhnya. Beliau menganjurkan kita untuk banyak berbagi.

Menurutnya, membangun imunitas sosial ini sangat penting di tengah krisis yang bakal melanda. Kita harus menumbuhkan peduli terhadap sesama, ujarnya lagi.

Adapun imunitas yang ketiga adalah imunitas fisik. Dia mengatakan, dengan memperbaiki dan menjaga imunitas dalam diri kita masing-masing akan menghindarkan dari potensi tertular wabah.

“Saya baca di koran, banyak makan vitamin E dan C dapat melawan virus Corona, ayo perbanyak makan sayur dan buah,” pungkas beliau.*/ Sarmadani Karani

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.