Sinergi Eratkan Ukhuwah dan Menjadikan Dakwah Semakin Bergairah

JAKARTA (Hidayatullah.or.id) — Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat (DPP) Hidayatullah, Dr H Nashirul Haq, MA, membuka Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) dan sekaligus memberikan sambutan dalam acara tersebut di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah, Jakarta, Kamis (12/3/2020).

Dalam sambutanya beliau berpesan di depan peserta Rakernas dai ini mengenai pentingnya peran menjaga ukhuwah (persaudaraan), membangun sinergi agar dakwah semakin bergairah serta menghindari hal hal yang berpotensi memecah belah persatuan.

Dalam arahanya, beliau menjelaskan bahwa setiap lembaga dibutuhkan adanya kerja sama untuk mencapai visi misi dengan mainstream gerakan dakwah dan tarbiyah.

“Diperlukan kesinambungan sinergi antara lembaga, sehingga ego sektoral harus dihilangkan. Jika ego sektoral dapat dihilangkan, sejatinya tujuan dapat dengan mudah dicapai,” imbuhnya.

Tidak saja sebatas dai atau muballigh yang biasa terjun langsung membina umat, ia menekankan peran dai sejatinya juga melekat dalam pribadi para pendidik atau guru di lingkungan pendidikan yang integral. Karena itu, dia mengingatkan, figur dai pendidik mesti selalu menjalin silaturahmi dengan orangtua murid, sehingga silaturahmi dapat selalu berjalan dengan baik dan tidak hanya sebatas antara guru dan murid saja.

“Para orang tua murid sudah memberikan kepercayaan kepada kita, alangkah baiknya jika kepercayaan itu terus dilanjutkan salah satunya mengajak mereka bersama sama hadir dalam majelis-majelis ilmu,” terangnya.

Nashirul juga menjelaskan pentingnya menanamkan karakter Sistematika Wahyu (SW) di dalam diri para dai, karena SW merupakan metode dakwah Rasulullah SAW yang diterapkan lembaga Hidayatullah dalam menjalankan misi pembinaan dakwah kepada masyarakat.

“Penting untuk menanamkan karakter SW dalam diri seorang dai. Jika karakter ini tidak tertanam, tentunya akan sulit,” katanya.

Lembaga yang membidangi pemajuan dakwah dan pengembangan sumber daya penyuluh agama, Persaudaraan Dai Indonesia (Posdai) menyelenggarakan Rapat Kerja Nasional (Rakernas) I tahun 2020, bertempat di Gedung Pusat Dakwah Hidayatullah di Jakarta dibuka pada Kamis, (12/3/2020).

Rapat kerja nasional dai ini akan berlangsung mulai 12-14 Maret 2020. Adapun tema yang di angkat ialah “Standarisasi Gerakan Dakwah, Bersama Dai Membangun Negeri”.

Subscribe

Masukkan alamat email pada kolom bawah ini untuk mendapatkan pembaharuan artikel terkini www.Hidayatullah.or.id langsung di email Anda.